3 Ayat Al- Qur’an Menerangkan tentang Makanan yang Diharamkan dalam Islam, Salah Satunya Surah Al Maidah

3 Ayat Al- Qur’an Menerangkan tentang Makanan yang Diharamkan dalam Islam, Salah Satunya Surah Al Maidah

3 Ayat Al- Qur’an Menerangkan tentang Makanan yang Diharamkan dalam Islam, Salah Satunya Surah Al Maidah, Sejatinya, Islam adalah agama yang mengajarkan umatnya untuk melakukan kebaikan. Kebaikan tidak hanya tentang tingkah dan perilaku antar sesama namun berbagai hal lain juga diajarkan, salah satunya terkait akan makanan makanan yang akan dikonsumsi.

Dalam Islam makanan yang dikonsumsi dibedakan menjadi dua jenis makanan yaitu makanan yang halal dan makanan yang haram.

Makanan yang halal dalam Islam adalah makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi sebagai umat muslim, namun makanan yang haram adalah makanan yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh umat muslim.

Ayat Al Qur’an yang Menerangkan Makanan yang Diharamkan Dalam Islam

Dalam Al Quran, Allah SWT menjelaskan terkait makanan makanan yang haram yang merupakan makanan yang tidak dierbolehkan untuk dikonsumsi oleh Uamt Muslim.

1. Surah Al An’am ayat 121

وَلَا تَأْكُلُوا۟ مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ ٱسْمُ ٱللَّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُۥ لَفِسْقٌ ۗ وَإِنَّ ٱلشَّيَٰطِينَ لَيُوحُونَ إِلَىٰٓ أَوْلِيَآئِهِمْ لِيُجَٰدِلُوكُمْ ۖ وَإِنْ أَطَعْتُمُوهُمْ إِنَّكُمْ لَمُشْرِكُونَ

“Dan janganlah kamu memakan dari apa (daging hewan) yang (ketika disembelih) tidak disebut nama Allah, perbuatan itu benar-benar suatu kefasikan. Sesungguhnya setan-setan akan membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu. Dan jika kamu menuruti mereka, tentu kamu telah menjadi orang musyrik.

2. Surah Al Maidah ayat 3

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ ٱلْمَيْتَةُ وَٱلدَّمُ وَلَحْمُ ٱلْخِنزِيرِ وَمَآ أُهِلَّ لِغَيْرِ ٱللَّهِ بِهِۦ وَٱلْمُنْخَنِقَةُ وَٱلْمَوْقُوذَةُ وَٱلْمُتَرَدِّيَةُ وَٱلنَّطِيحَةُ وَمَآ أَكَلَ ٱلسَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى ٱلنُّصُبِ وَأَن تَسْتَقْسِمُوا۟ بِٱلْأَزْلَٰمِ ۚ ذَٰلِكُمْ فِسْقٌ ۗ ٱلْيَوْمَ يَئِسَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِن دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَٱخْشَوْنِ ۚ ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلْإِسْلَٰمَ دِينًا ۚ فَمَنِ ٱضْطُرَّ فِى مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan azlam (anak panah), (karena) itu suatu perbuatan fasik. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agama-mu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku ridhoi Islam sebagai agamamu. Tetapi barang siapa terpaksa, karena lapar bukan karena ingin berbuat dosa, maka sungguh Allah maha pengampun lagi maha penyayang.”

3. Surah Al An’am ayat 145

قُل لَّآ أَجِدُ فِى مَآ أُوحِىَ إِلَىَّ مُحَرَّمًا عَلَىٰ طَاعِمٍ يَطْعَمُهُۥٓ إِلَّآ أَن يَكُونَ مَيْتَةً أَوْ دَمًا مَّسْفُوحًا أَوْ لَحْمَ خِنزِيرٍ فَإِنَّهُۥ رِجْسٌ أَوْ فِسْقًا أُهِلَّ لِغَيْرِ ٱللَّهِ بِهِۦ ۚ فَمَنِ ٱضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلَا عَادٍ فَإِنَّ رَبَّكَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

“Katakanlah, Tidak ku dapati di dalam apa yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan memakannya bagi yang ingin memakannya, kecuali daging hewan yang mati(bangkai), darah yang mengalir, daging babi karena semua itu kotor atau hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah. Tetapi barang siapa terpaksa bukan karena menginginkan dan tidak melebihi (batas darurat) maka sungguh. Tuhanmu Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Itulah beberapa Ayat yang tercantum di dalam Al Qurabn yang menjelaskan terkait makanan yang haram atau makanan yang dolarang untuk dikonsumsi. Semoga apa yang telah dijelaskan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Dalam rangka memperingati hari kesehatan, kami ingin mengajak anda semua untuk ikut berpartisipasi dalam donasi hari kesehatan untuk saudara kita yang membutuhkannya. Bantuan yang anda berikan akan kami salurkan langsung kepada mereka yang membutuhkannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *