4 Makanan dan Minuman Ini Diharamkan dalam Islam, Ada Alasan Ilmiahnya

4 Makanan dan Minuman Ini Diharamkan dalam Islam, Ada Alasan Ilmiahnya

4 Makanan dan Minuman Ini Diharamkan dalam Islam, Ada Alasan Ilmiahnya, Sebagai umat muslim, tentu kita sudah tau bahwa dalam Islam, tidak semua jenis makanan dan minuman boleh untuk dikonsumsi (haram). Islam melarang umat muslim untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang haram tentu bukan tanpa alasan. 

Makanan makanan yang dinilai sebagai makanan yang haram dalam Islam merupakanan makanan dan minuman yang akan memberikan dampak yang tidak baik terhadap orang orang yang mengkonsumsinya. 

Allah SWT telah membuat pedoman hidup bagi hambanya lewat firman-firman yang tercatat di Alquran. Bukan hanya tentang hubungan antara manusia dengan Tuhannya, melainkan juga tentang kehidupannya di muka bumi.

Salah satunya tentang jenis makanan apa saja yang boleh dimakan dan tidak boleh. Untuk beberapa jenis makanan yang diharamkan tercatat di Alquran Surah Al-Maidah ayat 3.

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيْرِ وَمَآ اُهِلَّ لِغَيْرِ اللّٰهِ بِهٖ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوْذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيْحَةُ وَمَآ اَكَلَ السَّبُعُ اِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْۗ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَاَنْ تَسْتَقْسِمُوْا بِالْاَزْلَامِۗ ذٰلِكُمْ فِسْقٌۗ اَلْيَوْمَ يَىِٕسَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ دِيْنِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِۗ اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ فَمَنِ اضْطُرَّ فِيْ مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّاِثْمٍۙ فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan azlam (anak panah), (karena) itu suatu perbuatan fasik. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu. Tetapi barangsiapa terpaksa karena lapar, bukan karena ingin berbuat dosa, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Alasan Ilmiahnya Islam Melarang Mengkonsumsi 4 Macam Makanan dan Minuman Ini Diharamkan

Bukan hanya sekadar larangan, Allah SWT melarang mengonsumsi makanan tersebut karena dampaknya yang berbahaya. Dampak berbahaya itu juga telah dibuktikan secara ilmiah.

1. Bangkai

Bangkai adalah hewan yang telah mati membusuk dan kematian hewan tersebut biasanya mati dengan sendirinya atau dengan cara disembelih namun tidak memenuhi syariat Islam yang benar. Contohnya hewan terjatuh, sengaja dipukul, atau diterkam dengan hewan buas lainnya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada Surah Al-Maidah ayat 3 bahwa bangkai merupakan salah satu makanan yang diharamkan untuk dikonsumsi dalam Islam.

Menurut pendapat Ilmiah, hewan yang mati tanpa disembelih menyebabkan darah masih banyak memenuhi otot, sehingga bisa menjadi media pertumbuhan mikroorganisme.

2. Darah

Selain bangkai, dalam Islam kita juga diajarkan untuk tidak mengkonsumsi darah. Allah SWT mengatakan bahwa darah termasuk ke dalam golongan najis, darah yang mengalir pada saat proses penyembelihan adalah haram, sehingga Allah SWT melarang untuk mengonsumsi.

Dalam penjelasan ilmiah menjelaskan bahwa darah mengandung asam urat yang tinggi. Senyawa tersebut dinilai sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dalam darah juga terkandung zat besi yang dimana zat besi yang terkandung di dalam darah dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Meskipun demikian, ada jenis jenis darah yang boleh untuk dikonsumsi, misalnya seperti darah yang masih melekat di daging hewan dan juga hati atau limpa.

3. Babi

Sebagai umat muslim, kita semua sudah pasti tau bahwa babi adalah makanan yang diharamkan dalam Islam.  Berdasarkan hasil sebuah penelitian ilmiah bahwa babi menjadi inang dari berbagai macam parasit. Bahkan babi hanya mengeluarkan 2% dari seluruh kandungan asam uratnya, Sementara 98% asam urat sisanya tersimpan di dalam tubuh babi. Selain dari itu, penelitian juga menemukan bahwa ada beberapa cacing pita yang terkandung di dalam tubuh babi, yang akan sangat berbahaya jika terkonsumsi.

4. Minuman Keras

Minuman keras juga merupakan salah satu minuman yang dilarang untuk dikonsumsi dalam Islam. Untuk penjelasan ilmiahnya seperti hampir semua orang sudah tahu bahwa alkohol dapat mempengaruhi sistem saraf sehingga mengakibatkan hilangnya fungsi indra. Selain itu, alkohol juga bisa menyebabkan hipertensi dan kanker kolorektal.

Nah itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang dilarang untuk dikonsumsi dalam Islam yang juga dilarang menurut hasil penelitian Ilmiah. Maka dari itu, hindari semua jenis makanan dan minuman yang diharamkan Islam demi kesehatan kita sendiri.

Dalam rangka memperingati hari kesehatan, kami ingin mengajak anda untuk membantu para sahabat yatim, fakir dan orang orang yang membutuhkan bantuan, agar mereka mendapatkan makanan yang layak untuk mereka konsumsi. Untuk penyaluran dana, anda bisa langsung menghubungi kami melalui nomor kontak makan berkah yang tercantum pada bagian website ini atau bisa juga dengan mengklik banner yang tersedia pada bagian halaman ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *