5 Cara Menghadapi Suami Cuek Menurut islam

5 Cara Menghadapi Suami Cuek Menurut islam

Banyak wanita yang mengeluhkan sikap dari suaminya yang cuek . seorang laki-laki ada yang memang sikap dari awalnya memang cuek dan ada juga laki-laki di awal menikah begitu perhatian  tetapi setelah semakin lama menikah baru keluar sikap aslinya yaitu cuek.

Banyak faktor yang membuat suami bersikap cuek, bisa jadi suami cuek ada sesuatu yang membuat suami kita bersikap cuek, karena kita pernah membuat kesalahan dalam bersikap dan bisa jadi suami lagi begitu sibuknya dengan pekerjaan di kantor  dan sesampai nya dirumah , sudah merasa lelah maka suami tidak punya kesempatan untuk memberi perhatian lebih pada kita seorang istri.

Tuntutan keuangan demi kebutuhan keluarga terpenuhi bisa jadi membuat suami bersikap cuek karena ia  hanya fokus untuk bekerja agar anak dan istrinya selalu tercukupi tidak merasa kekurangan., jika suami kita cuek dan perhatiannya kurang terhadap istri. Maka kita sebagai istri setidaknya lebih memberikan perhatian kepada suami kita. Jika suami cuek dan kita sebagai istri juga cuek maka kita tidak mengetahui apa penyebab suami kita cuek. Disini seorang istri harus lebih kreatif agar suami kita tidak bersikap cuek sama kita

Berikut ini ada beberapa tips dan cara untuk menghadapi suami yang cuek menurut islam  yang dimana telah dicontohkan langsung oleh rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.

  1.   Selalu melakukan komunikasi yang positif

Dengan selalu berkomunikasi kepada suami, maka suami lama kelamaan akan memperhatikan kita , berkomunikasilah dengan baik kepada suami , jika terjadi masalah dalam keluarga bisa dibicarakan dengan baik dan bahasa yang lemah lembut.  Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

“Dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu, kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakal kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepadaNya,” (Ali-Imran: 159).

  1.   Sering  memuji kelebihan suami

Sering memuji kelebihan suami dan tidak membahas tentang kekurangan suami , biasanya pembicaraan seperti ini  bisa kita lakukan sebelum tidur dan bisa disaat lagi santai bersama suami, mulailah membuka pembicaraan dengan kata kata romantis. Seperti yang dilakukan Aisyah radhiallahu ‘anha bersama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam selalu bercengkrama bersama istrinya sebelum tidur, saling berbagi  perasaan bahagia , saling curhat dan mencari solusi bersama.

  1.   Meluangkan waktu bersama

Agar suami kita tidak cuek sama kita, maka bisa kita bicarakan kepada suami untuk mengatur waktu agar bisa meluangkan waktu bersama. Contohnya  meluangkan waktu yang menyenangkan  seperti  membaca alquran bersama, mendengarkan kajian ilmu bersama yang bertemakan tentang keluarga.

  1.   Selalu memberikan perhatian dan kasing sayang pada suami

Perhatian seorang istri kepada suami itu sangatlah penting, walaupun suami bersifat cuek, jika kita sebagai istri selalu  memberikan perhatian khusus kepada suami  sesuai dengan ajaran islam , maka insya allah suami akan berubah  yang tadinya cuek akan berbalik lebih perhatian. Contoh perhatian kecil kepada suami . selalu memanggil suami dengan panggilan yang suami sukai, saat suami akan keluar rumah, antarkan suami sampai kedepan rumah dan ciumlah tangan saat suami akan berangkat kerja atau keluar rumah. Dan selalu bertanya kepada suami ingin dimasakin apa untuk makan nya.

  1.   Mengungkapkan kepada suami dengan sikap cueknya

Disaat suami yang memiliki karakter yang  cuek kepada apapun termasuk dengan istrinya sendiri, maka seorang istri yang tidak merasa nyaman dengan sikap cueknya , sebaiknya istri membicarakan kepada suami, kalau tidak suka dicuekin  . dan istri cara penyampaiannya juga dengan cara yang baik lemah lembut . karena suami merasa sifat cueknya tersebut adalah suatu hal normal.

Maka perlu adanya diskusi dengan suami  , bisa jadi setelah dikomunikasikan dengan baik , suami akan memahami apa yang istri inginkan .  Komunikasi merupakan hal yang paling penting dalam menghadapi suami yang cuek  menurut islam seperti yang dilakukan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *