5 Jenis Penyakit Yang Rentan Terjadi Saat Puasa

5 Jenis Penyakit Yang Rentan Terjadi Saat Puasa

5 Jenis Penyakit yang rentan terjadi saat puasa Penelitian seorang ilmuwan mengatakan kalau puasa memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita  seperti  membakar lemak jahat, meningkatkan kinerja otak, menghindari resiko penuaan dini dan penyakit yang berbahaya lainnya.

Perlu kita ketahui juga,  tidak ada yang seratus persen di dalam hidup kita di dunia ini, begitu juga puasa, walaupun telah dinyatakan bisa memberikan begitu banyak manfaat untuk tubuh manusia. Tetapi selalu akan ada sebagian orang yang tidak merasakan manfaat dari puasa. Karena pola hidup yang kurang teratur dan terkontrol  disaat puasa , yang dimana disaat puasa tubuh juga setidaknya harus selalu memenuhi cairan dan nutrisi pada tubuh yang nantinya akan diperlukan dalam jangka waktu tertentu.

Oleh karena itu sebagian orang akan mengalami masalah kesehatan di dalam berpuasa. Berikut 5 jenis penyakit yang Rentan terjadi saat puasa.

  1.   Bau Mulut.

Kurangnya asupan cairan selama menjalankan ibadah puasa , yang membuat jumlah air liur berkurang dan mulut terasa kering. Hal ini mengakibatkan sel-sel mati dan sisa sisa dari makanan menumpuk dan membuat mulut mengeluarkan bau yang kurang sedap.

Bau mulut yang  kurang sedap ini menjadi keluhan oleh hampir semua orang yang lagi menjalankan ibadah puasa ramadhan.  Cara mengatasinya , selalu rutin ,menyikat gigi setelah selesai makan sahur dan berbuka puasa.. dan perlu juga untuk memperhatikan menu makanan yang kita santap saat sahur. Usahakan untuk menghindari makanan pemicu bau mulut yang tidak sedap. Contohnya bawang, makanan pedas dan makanan manis.

  1.   Sakit Kepala

Penyebab sakit  kepala disaat menjalankan ibadah puasa adalah tekanan darah yang turun dikarenakan tubuh kita tidak mendapatkan pasokan gula dari makanan . yang mengakibatkan tubuh mulai mengambil cadangan gula sebagai energi agar tubuh tidak cepat lemas  saat berpuasa. Tetapi  disaat yang bersamaan otak kita juga mengalami kekurangan nutrisi yang memicu sakit kepala di saat sedang puasa.

Jadi barang siapa yang disaat menjalankan ibadah puasa kepala terasa pusing, maka jangan khawatir itu merupakan suatu hal yang tidak berbahaya dan sudah umum  terjadi. Dan penyebabnya pun setiap orang berbeda-beda. Biasanya hal ini terjadi disaat kondisi tubuh mengalami dehidrasi,kelelahan atau kurang tidur.

  1.   Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung disaat menjalankan ibadah puasa itu suatu hal yang wajar, karena perut yang lagi kosong selama seharian tidak makan dan minum., dan penyakit ini bisa menjadi parah jika melewatkan makan sahur., makan saat berbuka berlebihan, dan kebiasaan tidur setelah makan sahur.

Adapun gejala dari penyakit asam lambung adalah perut mulas dan mual.  Cara mengatasinya disaat makan sahur  dan berbuka puasa hindarilah makanan pedas dan asam. Perlu diperhatikan jumlah makanan yang dimakan. Disaat waktu berbuka selalu dibiasakan makan sedikit demi sedikit. Berikan jarak waktu kepada perut kita untuk memulai beradaptasi  setelah seharian  kosong.

  1.   Diare

Diare salah satu penyakit yang rentan terjadi disaat berpuasa, karena kita merupakan masyarakat yang menyukai makanan pedas,  biasanya penyebab diare ini saat puasa kita terlalu berlebihan memakan makanan pedas disaat sahur dan berbuka . dan juga diare juga bisa terjadi karena kita keseringan makan yang kurang bersih. Seperti membeli makanan di sembarangan tempat maunya makan enak malah terkena diare. Maka pastikan untuk membeli makanan yang sudah ber wadah tertutup yang terhindar dari lalat dan debu.

  1.   Dehidrasi

Penyakit yang kelima ini sudah tidak asing lagi yang itu Dehidrasi, saat berpuasa sudah pasti kita akan terdehidrasi , walaupun kita saat berbuka sampai sahur  sudah menerapkan minum air putih sebanyak delapan gelas. Tidak ada artinya dengan seorang yang sedang berpuasa yang pekerjaannya menjadi buruh bangunan, buruh panggul dan yang lainnya. Mereka memerlukan air putih yang lebih.

Untuk yang pekerjaannya tidak sebagai pekerja kasar,untuk menghindari dehidrasi disaat puasa. Maka minumlah air putih yang cukup saat berbuka dan sahur. Dan disarankan untuk menghindari  makanan asin dan pedas yang bisa membuat tubuh lebih cepat dehidrasi saat puasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *