5 Keutamaan Memberi Makan Orang yang Berpuasa

5 Keutamaan Memberi Makan Orang yang Berpuasa

5 Keutamaan Memberi Makan Orang yang Berpuasa, Bula suci ramadhan adalah bulan dimaa umat muslim akan menjalakan ibadah puasa selama satu buan lamanya. Melalui kesempatan bulan suci ramadhan, umat muslim diberikan peluang untuk mendapatkan pahala dari bebrgaai hal kebaikan yang diperbuat selama bulan suci ramadhan. Pahala yang akan diperoleh selama bulan suci ramadhan akan dilipatgandakan lebih banyak dibandingkan dengan hari lainnya. Ada banyak peluang kebaikan sumber pahala yang dapat kita lakukan selama bulan suci ramadhan yang salah satunya adalah dengan memberi makan orang yang berpuasa.

Keutamaan Memberi Makan Orang yang Berpuasa

Ada bnyak keutamaan bagi kita yang mau berbagi dan memberi makan kepada orang yang menjalankan ibadah puasa. Salahs atu keutamaan memberi makan kepada orang puasa sebagai berikut.

Memperoleh Keberkahan dari Allah SWT

Memberi makan adalah salah satu bentuk dari sedekah, yang dimana perbuatan sedekah merupakan perbuatan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh Allah SWT, sebagaimana telah disampaikan dalam Al-Quran Ali-Imran ayat 92, “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” 

Keutamaan dalam sedekah makanan diperumpamakan dengan menumbuhkan bulir, yang setiap bulir terdapat seratus biji. Berlipat ganda karunia yang diperoleh. Surat Al-Baqarah ayat 261, “Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah (bersedekah) adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui.”

Menambah Pahala

Memberi makan pada orang yang berpuasa dapat memberikan kita pahala yang setara dengan orang yang menjalankan ibadah puasa sebagaimana telah disampaikan melalui Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berbunyi, “Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, berkata Rasulullah SAW. bersabda: Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” 

Harta Menjadi Bersih dan Berkah

Untuk mendapatkan keberkahan dari sebuah harta, kita dianjurkan untuk melakukan sedekah, dan sedekah yagn kita laukkan tidak aka mengurangi harta, sebagaimana telah disampaikan dalam hadits no, 2588 yang diriwayatkan oleh Muslim, “Sedekah tidaklah mengurangi harta.” 

Menyelamatkan Diri dari Siksa Kubur

“Sesungguhnya sedekah itu benar-benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang mukmin akan bernaung dibawah bayang-bayang sedekahnya“. (HR. At-Thabrani)

Menjadi Jalan Menuju Surga

Dari Ali Ra berkata, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya. Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata,” Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.” (HR. Tirmidzi)

Itulah beberapa keutamaan sedekah yang akan menjadi keutamaan untuk kita yang memberi makan kepada orang orang yang melaksanakan ibadah puasa. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat dan membawa kita menjadi orang yang lebih baik, baik untuk diri sendiri maupun baik untuk orang lain. Mari kita sama sama menunaikan sedekah melalui gerakan berbagi makanan berkah untuk kaum yang membutuhkanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *