5 Peran Penting Ayah Dalam Keluarga Menurut Islam

5 Peran Penting Ayah Dalam Keluarga Menurut Islam

Selain ibu ayah juga memiliki peran penting di dalam keluarga , karena ayah adalah seorang pemimpin dan juga imam  bagi istri dan anak-anaknya.   Dalam memberikan nafkah, pendidikan, dan lain –lainnya.adapun perlu kita ketahui  dimana seorang ayah suatu pilar dalam keluarga,  disini kita akan menyebutkan dan menjelaskan 5 Peran penting ayah dalam keluarga menurut islam.

  1.   Memberikan Nafkah untuk Keluarga

Sekarang ini  sudah bukan rahasia umum lagi jika seorang  wanita yang sudah menikah dan mempunyai anak, masih tetap bekerja  dengan alasan “ ingin membantu perekonomian suami“  tetapi sebagai seorang wanita atau seorang istri  perlu  mengetahui kalau di dalam  keluarga , tetap yang memiliki  kewajiban dalam mencari nafkah adalah ayah (suami). Sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala yang artinya:

 “ kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena  allah telah melebihkan sebagian  dari harta mereka.( laki-laki)  atas sebagian yang lain (wanita) , dan karena mereka(laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka . sebab itu maka wanita yang saleh ialah yang taat kepada allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka).”

  1.   Pelindung Bagi Keluarga

Seorang ayah akan selalu pasang badan dan menjadi garda terdepan  di dalam kehidupan sehari –hari  untuk menghadapi  ancaman dari luar keluarga maupun di dalam keluarga. Karena ayah merupakan  sosok laki-laki- yang tertua dengan begitu banyak pengalaman di dalam keluarga inti dan juga mempunyai pemikiran yang luas dan pastinya akan selalu bisa mengatur  keluarga. Dan secara umum ayah  (lki-laki) akan selalu berfikir panjang dahulu sebelum mengambil keputusan.

  1.   Pemimpin bagi Anggota Keluarga

Di dalam keluarga sosok  ayah sudah dipastikan adalah seorang imam atau pemimpin   istri dan anak-anaknya.  Terdapat di dalam  firman  allah ta’ala yang artinya:

“ dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa- penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat. Untuk mengujimu tentang apa yang diberikan- Nya kepadamu. Sesungguhnya tuhanmu amat cepat siksa- Nya dan sesungguhnya Dia Maha pengampun lagi maha Penyayang. “  ( QS Al-An’am:165).

  1.   Menjadi  Suami dan Ayah Yang berlaku Adil

Seorang suami ataupun Ayah di dalam keluarga  di dalam islam , ayah merupakan sosok  suami untuk istri  dan juga ayah untuk anak-anaknya yang selalu berlaku adil dan juga baik.

Contohnya : di dalam keluarga seorang ayah dan suami memiliki kasih sayang dan juga cinta, selalu adil di dalam keluarga , yang selalu penuh akan tanggung jawab terhadap keluarga.

Di dalam al quran allah berfirman diperintahkan untuk suami selalu menjadi  seorang yang adil dan terdapat dalam surat An-Nisa ayat 129  yang artinya:

 Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil diantara istri-istrimu walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung ( kepada yang kamu cintai). Sehingga kamu biarkan yang  lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri ( dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah maha Pengampun lagi maha penyayang. “

  1.   Mencarikan dan Memilihkan Pendamping yang terbaik untuk anaknya.

Seorang yang yang sudah mempunyai anak yang sudah remaja dan juga dewasa , disinilah hal yang paling sangat penting untuk kelangsungan anak-anak untukmembangun keluarganya sendiri. Ayah memiliki peran utama dalam mencarikan atau memilihkan pendamping yang terbaik  untuk anaknya.

Walaupun memang sudah kita ketahui  kalau jodoh sudah diatur oleh allah subhanahu wa ta’ala. Tetapi dengan adanya ikhtiar dari seorang ayah , maka allah akan membantu  untuk mencarikan pendamping yang terbaik untuk anaknya.

Terdapat di dalam Sabda Rasulullah yang artinya:

 “barangsiapa memelihara tiga orang anak perempuan, lalu ia mendidik dan menikahkan mereka serta berbuat baik kepada mereka, maka dia akan mendapatkan surga. “

 Demikian peran penting ayah dalam keluarga Menurut islam, semoga kita menjadi sosok ayah dan orang tua sesuai dengan syariat islam

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *