5 Tips Mengatur Keuangan untuk Makan, Perut Kenyang Tanpa Boros!

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Makan, Perut Kenyang Tanpa Boros!

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Makan, Perut Kenyang Tanpa Boros! Sebagai seorang karyawan yang memiliki gaji pas pasan, mengatur sistem keuangan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tidak jarang, barang orang dengan gaji pas pasan terkadang harus mengubah pola makan mereka di akhir bulan karena keuangan sudah menipis atau habis. 

Agar tidak terlalu boros dalam mengeluarkan uang belanjaan, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memangkas budget yang sekiranya masih dapat dan mampu diakali.

Untuk anda yang ingin tetap memiliki kebutuhan secara finansial yang tidak boros namun keperluan dapur tetap terpenuhi, maka simak beberapa tips berikut ini.

  1. Pergi belanja seminggu sekali dengan bahan yang lengkap

Ketika anda baru saja menerima gaji bulanan, maka tidak salahnya jika anda menyisihkan sebagian gaji anda langsung untuk memenuhi kebutuhan dapur dan makan. Pilihan yang dapat anda pilih, adalah dengan pergi belanja bahan yang lengkap langsung ke pasar. Belanja ke pasar dapat membantu anda menghemat pengeluaran yang pastinya jauh lebih hemat dibandingkan dengan belanja makanan makanan instan. Untuk memudahkan anda dalam memprediksi pengeluaran, anda bisa belanja ke pasar setiap minggu saja, sebab jika setiap hari, anda akan menjadi lebih sulit dalam mengontrol sistem keuangan.

  1. Menggunakan metode meal prep

Metode meal prep ini cukup popular di kalangan rumah tangga zaman sekarang yang biasanya diterapkan oleh orang orang yang super sibuk. Anda bisa mempersiapkan waktu untuk mempersiapkan makanan baik bagi diri sendiri maupun untuk keluarga (bagi yang sudah berumah tangga).

Metoda meal prep ini memiliki berbagai varian menu, salah satunya adalah dengan meletakan berbagai jenis makanan ke dalam freezer yang sebelum dan kemudian dapat diolah kembali ketika memang membutuhkannya. Metode ini mampu memangkas biaya karena dapat lebih hemat, serta memiliki menu yang jauh lebih sehat.

  1. Rajin memasak di rumah dan jangan terlalu sering makan di luar

Makan di luar merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh para pekerja, namun bagi anda yang memiliki penghasilan yang pas pasan tidak cocok melakukan hal yang satu ini. Makan diluar boleh boleh saja, agar tidak merasa bosan makan makanan menu di rumah, namun pastikan bahwa anda tidak menjadikan kebiasaan makan diluar secara berlanjut.

Cobalah untuk sesering mungkin mengkonsumsi makanan yang diolah atau dimasak sendiri. Selain hemat, masak sendiri juga lebih sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan yang belum jelas cara pengolahannya.

  1. Memiliki perencanaan jelas mengenai pembelanjaan makanan

Untuk menghindari belanja secara berlebihan, anda bisa mengatur atau membuat daftar belanja terlebih dahulu. Dengan membuat daftar belanja sebagai perencanaan pembelanjaan, anda akan lebih mudah mengontrol pengeluaran baik secara mingguan atau bulanan.

Utamakan kebutuhan kebutuhan pokok terlebih dahulu. Hindari membeli sesuatu yang tidak benar benar dibutuhkan. Jika uang yang anda miliki masih tersisa setelah anda mendapatkan gaji di bulan berikutnya, maka anda bisa menabungnya untuk kebutuhan masa depan nanti.

  1. Biasakan untuk membawa bekal makanan

Menjalani aktivitas di luar rumah memang menyita cukup banyak waktu dan tenaga, maka tidak heran jika ditengah tengah kesibukan kita kerap merasa lelah dan lapar.

Untuk mengatasi hal ini, sebagian besar orang biasanya akan membawa bekal mereka masing masing setiap kali beraktivitas di luar rumah. membawa bekal juga dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan dari makan di luar, dan selain itu, membawa bekal juga dapat meningkatkan pola hidup yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *