5 Tips Meninggalkan Mobil Saat Mudik, Biar Tetap Fit Dan Aman

5 Tips Meninggalkan Mobil Saat Mudik, Biar Tetap Fit Dan Aman

5 tips meninggalkan mobil  saat Mudik, Biar Tetap fit dan aman. Di tahun 2022 sekarang ini hari raya idul fitri ada sedikit berbeda, karena selama dua tahun belakangan  disaat hari raya idul fitri masyarakat indonesia tidak merasakan yang namanya mudik lebaran, walaupun ada yang  mudik tahun tahun kemarin tetapi, suasana mudik itu tidak terlihat, dan hanya biasa saja. Tetapi di tahun ini pemerintah memperbolehkan masyarakat indonesia untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bertemu orang tua dan keluarga.

Moment mudik di tahun ini masyarakat sudah sangat ditunggu-tunggu, seperti kemacetan di jalan, berebutan masuk bis atau mengantre yang berjam-jam di perjalanan adalah kenikmatan yang tidak bisa ungkapkan. Ketika kita mudik dan kita tidak menggunakan kendaraan pribadi, pastinya kita akan meninggalkan barang barang kita di rumah. Khususnya bagi yang memiliki kendaraan mobil pribadi, pastinya mobil akan kita tinggal kalau kita mudik menggunakan transportasi umum.

Disaat kita meninggalkan mobil kita dirumah karena mudik, maka tidak bisa begitu saja kita tinggalkan . berikut 5 tips meninggalkan mobil saat mudik , biar tetap fit dan aman.

  1.   Tidak Menggunakan  Rem Tangan

Tips yang pertama ini adalah  jangan menggunakan rem tangan untuk menahan mobil dirumah supaya tidak bergerak. Karena kalau  garasi yang kita miliki tingkat kemiringannya cukup besar, lebih baik menggunakan ganjalan seperti batu bat,balok kayu,dan  yang lainnya di roda bagian depan dan juga belakang untuk menahan mobil.

Tips ini untuk menghindari  mobil tergelincir juga bisa mengurangi beban pada mobil yang diganjal.  Walaupun sudah diberi ganjalan kayu atau batu, rem tangan juga tetap digunakan.

  1.   Melepas kabel Aki dan Menyimpannya di tempat aman

Untuk tips yang kedua  adalah melepas kabel aki dan menyimpannya di tempat aman. Untuk hal ini sangat disarankan untuk kalian yang  mudiknya  keluar kota yang tidak memakai mobil pribadi dalam jangka waktu lama dan tidak ada orang dirumah untuk memanaskan mobil.

Kalau kabel aki terus terpasang, akan bisa membuat aki cepat rusak .kelistrikan pada mobil akan bisa terganggu,  sehingga kalian tidak bisa menjalankan mobil dengan baik. Dan melepas kael aki dari terminal bisa sebagai pengaman atau terhindar dari pencuri yang mau mengambil mobil kalian. Selalu dipastikan kabel aki benar-benar disimpan ditempat yang aman .

  1.   Mengganjal wiper dengan Busa

Tips yang ketiga ini terlihat sepele tetapi jika wiper tidak berfungsi kalian saat mengemudi  akan kesulitan di musim hujan. Kalau wiper dibiarkan menempel terus pada kaca mobil lama kelamaan bisa menjadi keras, aus atau getas. Hal ini disebabkan garasi yang jarang terbuka selama bepergian mudik yang membuat udara menjadi panas

Radiasi suhu yang pasana bisa menyerap oleh wifer mobil yang menyebabkan karet pada wifer nya mengeras ataupun aus.

  1.   Mobil Dicuci

Sebelum mobil kalian tinggal mudik ke kampung halaman. Sebaiknya kalian mencuci mobil lebih dahulu. Bukan hanya tujuannya untuk menhilangkan kotoran , tetapi untuk melindungi mmobil dari karat, jamur dan semacamnya.

Bukan hanya eksteriornya , tetapi interior mobil juga perlu dibersihkan , disarankan untuk memberikan pewwangi interiol mobil yang memiliki wangi tidak begitu menyengat.

  1.   Menitipkan kunci mobil ke orang yang dipercaya

Setelah kalian melakukan 4 tips yang sudah disebutkan diatas, untuk tips yang kelima dan yang terakhir adalah mengunci mobil secara tepat.setelah itu, kalian bisa menitipkan kunci mobil kete orang kepercayaan kalian yang tidak mudik.bisa juga dititipkan ke pengurus seperti RT setempat.

Tips ini memiliki tujuan , disaat terjadi sesuatu seperti kebakaran, kebanjiran danlain sebagainya maka mobil kalian bisa dipindahkan meski tanpa menyalakan mesin karena kabel aki sudah di lepas.

Demikian 5 tips meniggalkan mobil saat mudik biar tetap fit dan aman. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *