7 Tips Manajemen Keuangan untuk Bisnis Kecil

7 Tips Manajemen Keuangan untuk Bisnis Kecil

7 Tips Manajemen Keuangan untuk Bisnis Kecil, Memulai usaha kecil memang ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Tidak hanya menyangkut modal yang dibutuhkan saja, namun manajemen dalam mengelola keuangan juga harus diperhatikan, papalagi jika anda belum memiliki pengalaman dalam mengelola bisnis.

Sebenarnya ada beberapa cara mudah yang dapat anda lakukan untuk membuat manajemen keuangan tersebut.berikut ini ada beberapa tips manajemen keuangan untuk anda sebagai pelaku bisnis kecil agar tidak salah langkah.

Panduan Manajemen Keuangan untuk Bisnis Kecil

  1. Pisahkan keuangan pribadi dengan usaha

Sebagai langkah awal dalam mengatur manajemen keuangan, anda perlu memisahkan antara keuangan pribadi dengan uang usaha. Untuk memisahkan uang tersebut, anda bisa membuat 2 rekening dengan bank yang berbeda.

Memisahkan uang pribadi dengan uang usaha ini dapat membantu anda untuk menghindari kemungkinan uang usaha habis terpakai sehingga usaha nantinya tidak mati di tengah jalan.

  1. Bayarlah semua tagihan tepat waktu

Sama halnya dengan uang pribadi, dalam menjalankan usaha, anda wajib membayar tagihan seperti listrik, air dan lainnya tepat waktu. Membayar tagihan tepat waktu dapat membantu anda terhindar dari denda yang mungkin harus anda tanggung karena keterlambatan pembayaran.

  1. Menghitung keuntungan dengan jelas

Keuntungan atau laba adalah tujuan utama dari seseorang dalam menjalankan usaha, namun meskipun demikian, masih ada orang yang menghitung keuangan dengan cara yang salah, sehingga membuat usaha menjadi terasa sulit untuk mendapatkan keuntungan.

Sebelum menjalankan usaha, anda bisa menghitung estimasi penghasilan dengan cara menghitung total modal yang harus dikeluarkan dan harga jual barang beserta dengan keuntungannya.

Untuk menghindari kesalahan dalam menghitung jumlah keuntungan, anda bisa menghitung kembali seiring dengan perjalanan usaha. anda bisa menghitung total modal yang anda keluarkan ketika anda membeli barang barang yang anda butuhkan. Pastikan bahwa jumlah belanja tidak melebihi taksiran yang anda perkirakan. Akan lebih baik jika jumlah modal lebih rendah dari taksiran atau perkiraan.

  1. Kerjasama yang Baik dengan Pihak Ketiga

Dalam menjalankan usaha pastinya anda akan menjalin hubungan dengan pihak ketiga yang merupakan pihak yang akan membantu anda dalam menjalankan usaha, misalnya seperti penjual bahan baku.

  1. Menggunakan laba untuk mengembangkan usaha

Menikmati hasil usaha adalah hal yang wajar wajar saja, namun perlu diperhatikan dalam hal ini anda tidak boleh menghabiskan uang begitu saja. Akan jauh lebih baik jika hasil dari usaha yang anda jalankan digunakan kembali untuk mengembangkan usaha, seperti membuka cabang, membangun toko menjadi lebih besar, atau menambah variasi produk yang anda jual.

  1. Merencanakan budget usaha

Panduan lainnya ketika mengatur manajemen keuangan untuk usaha kecil pastikan Anda memiliki perencanaan budget secara terperinci. Mengapa melakukan budgeting ini sangat penting dalam usaha kecil? Hal tersebut tidak lain adalah untuk mengukur batasan sejauh mana kinerja dan efisiensi yang telah dilakukan selama periode waktu tertentu. 

  1. Mengawasi arus kas keuangan

Terakhir, dalam mengatur manajemen keuangan usaha kecil dan menengah pastikan Anda untuk selalu mengawasi arus kas keuangan. Mengatur keuangan ini memang bukanlah hal yang mudah. Anda pun harus benar-benar jeli melihat kemana arus keuangan usaha selama ini digunakan. 

Agar usaha yang anda jalankan dapat berjalan dengan lancar dan berkah, pastikan bahwa anda tidak lupa untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk bersedekah. Dalam rangka memperingati hari kesehatan, kami mengajak anda untuk membantu sahabat yatim dalam mendapatkan makanan yang bergizi dan sehat.

Melalui sahabat yatim indonesia, kami membuka galangan dana bagi anda yang ingin berpartisipasi, berapa jumlah yang anda berikan, akan dengan senang hati kami terima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *