7 Tips Mengatur Keuangan untuk Anak Muda Usia 20-an

7 Tips Mengatur Keuangan untuk Anak Muda Usia 20-an

7 Tips Mengatur Keuangan untuk Anak Muda Usia 20-an, Generasi Milenial kini sudah banyak yang menjadi pebisnis atau pengusaha muda. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya peluang usaha yang dapat dilakukan oleh semua kalangan dan termasuk dengan remaja, pelajar atau anak muda.

Seperti yang diketahui, di era digital seperti saat ini, ada banyak usaha yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan termasuk oleh kaum remaja, salah satunya seperti menjadi dropship, youtuber, penulis dan lain sebagainya.

Mengatur Keuangan untuk Anak Muda

Mengatur keuangan di usia muda memang bukanlah hal yang mudah, mengingat kebiasaan hidup boros di masa muda membuat sebagian banyak orang sulit untuk menjadi orang yang sukses. Namun meskipun demikian, anda tidak perlu khawatir, sebab pada artikel kali ini, kami akan berbagi beberapa tips dan cara mengatur keuangan di usia muda. Seperti apa tips tersebut.? berikut beberapa diantaranya.

1. Diskusikan

Jika anda memiliki sistem keuangan yang melibatkan orang lain, maka anda perlu untuk melakukan diskusi dengan orang tersebut. perencanaan pengelolaan uang yang baik tidak akan terwujud jika masih ada faktor internal yang tidak mendukung.

2. Mengatur pengeluaran dengan bijak

Mengatur pengeluaran yang bijak juga merupakan suatu hal yang harus anda perhatikan. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan masing masing. Dalam strategi mengatur uang yang baik, kebutuhan seharusnya tidak melebihi 50% dari penghasilan. Apabila pengeluaran melebihi angka tersebut, maka sepertinya ada suatu hal yang memang harus dibenahi. Jika memang keperluan tersebut sudah tidak dapat dibenahi, maka solusi terbaik adalah dengan meningkatkan suatu pendapatan.

3. Tentukan tujuan finansial

Setiap orang pasti memiliki tujuan finansial, baik itu bagi orang yang telah berkeluarga maupun bagi kaum remaja yang masih single. Jadikan tujuan finansial tersebut sebagai pondasi untuk memperkuat keinginan anda dalam mengatur sistem keuangan yang baik.

Jika anda memiliki tujuan finansial yang jelas, tentu anda akan menjadi lebih berhati hati dalam melakukan pengeluaran.

4. Siapkan dana darurat

Dana darurat adalah suatu hal yang sangat penting untuk dipersiapkan. Ketersediaan dana darurat ini akan membantu anda terhindar dari masalah ketika anda membutuhkan biasaya secara mendesak.

Menyediakan dana darurat juga akan membantu and aterhindar dari hutang yang mungkin akan memberatkan anda nantinya untuk melunasinya.

5. Hindari adanya utang

Tips mengatur keuangan masa muda selanjutnya adalah dengan menghindari utang.  Ini khususnya utang yang memiliki bunga tinggi, seperti kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA). Hal ini dikarenakan keduanya memiliki bunga hingga 20 persen per tahun.

6. Menambah sumber penghasilan

Memiliki sumber penghasilan tambahan akan sangat membantu anda dalam mengelola sistem keuangan yang baik. Jika penghasilan utama anda hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan, maka jadikan penghasilan tambahan sebagai dana untuk menabung atau berinvestasi.

7. Berinvestasi pada diri sendiri

Berinvestasi adalah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Investasi yang paling baik adalah investasi pada diri sendiri. Investasi pada diri sendiri ini dalam arti memperbaiki dan meningkatkan sebuah kemampuan yang anda miliki.

Semakin baik kemampuan yang anda miliki tentu akan semakin mudah dalam menghasilkan pundi pundi rupiah.

Nah itulah beberapa cara mengatur sistem keuangan masa muda, dan semoga tips di atas dapat bermanfaat dan membantu kita semua untuk membangun masa depan yang lebih baik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *