Atur Pola Makan Sehat yang Benar untuk Hidup Sehatmu

Atur Pola Makan Sehat yang Benar untuk Hidup Sehatmu

Atur Pola Makan Sehat yang Benar untuk Hidup Sehatmu, Setiap makanan yang dikonsumsi setiap harinya memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan kita setiap harinya, sehingga tidak heran mengatur pola makan merupakan suatu hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Inilah 5 Cara Pola Makanan Sehat untuk Tubuh

Kesehatan adalah aset berharga yang sangat penting untuk dijaga. Dengan tubuh yang sehat, kita akan mampu dengan mudah mencapai berbagai hal yang kita inginkan di dalam hidup. Berikut ini akan kami jelaskan 5 tips pola makanan sehat untuk tubuh.

1. Makan-makanan Sehat

Dari kecil mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan istilah 4 sehat 5 sempurna, semboyan ini memaknai tentang  makan-makanan yang sehat dan imbang. Meskipun banyak yang mengetahui semboyan ini namun hanya beberapa diantaranya saja yang benar benar menerapkan dalam hidupnya.

Padahal, mengkonsumsi makanan sehat sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan tubuh merupakan hal dasar yang harus dipenuhi untuk membangun tubuh yang sehat di masa mendatang.  Ahli gizi Cheryl Forberg menyatakan bahwa tubuh harus mengkonsumsi makanan yang mengandung paling tidak 45% karbohidrat, 35% lemak baik, dan 30% protein. 

2. Perbanyak Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Pola makan sehat selanjutnya yang harus anda penuhi adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi sayuran hijau. seperti yang diketahui, dalam sayuran hijau terdapat berbagai macam jenis vitamin yang akan dibutuhkan organ tubuh untuk menjalankan fungsinya masing masing. Selain kaya vitamin, di dalam kandungan sayur juga terdapat kandungan kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang. Oleh karena itu, ahli gizi Forberg menyarankan untuk mengkonsumsi sayuran hijau ini dalam porsi yang cukup per harinya..

3. Hindari Makanan dengan Tinggi Lemak

Lemak adalah salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memaksimalkan fungsi salah satu organ tubuh, namun mengkonsumsi lemak tentu harus dalam porsi yang tepat, sebab jika lemak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan akan berdampak pada kesehatan tubuh. 

4. Memperbanyak Makan Buah

Selain mengkonsumsi sayuran, kita juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah.  Pasalnya, buah dan sayuran mengandung serat yang mampu mengikat karsinogen. Karsinogen ini sendiri adalah zat yang dapat menyebabkan kanker. Untuk itu, pastikan anda selalu rutin mengkonsumsi buah maupun sayuran tiap harinya.

5. Atur Porsi Makanan Setiap Hari 

Cara mengatur pola makan yang sehat yang terakhir adalah dengan cara memperhatikan porsi makanan yang akan anda konsumsi. Meskipun pada dasarnya semua makanan baik dan menyehatkan, namun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan menimbulkan efek tersendiri bagi tubuh. Maka dari situlah anda perlu memperhatikan setiap porsi makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya. 

Itulah lima cara mengatur pola makanan sehat yang bisa anda terapkan. Untuk menyempurnakan gaya hidup yang sehat, jangan lupa anda juga menyeimbangkannya dengan melakukan olahraga secara rutin. Memenuhi kebutuhan makanan yang sehat akan percuma jika aktifitas fisik sedikit dan hal tersebutlah yang bisa menjadi penyebab terjadinya obesitas.

Dalam rangka memperingati hari kesehatan, kami ingin mengajak anda untuk membantu para sahabat yatim, fakir dan orang orang yang membutuhkan bantuan, agar mereka mendapatkan makanan yang layak untuk mereka konsumsi. Untuk penyaluran dana, anda bisa langsung menghubungi kami melalui nomor kontak makan berkah yang tercantum pada bagian website ini atau bisa juga dengan mengklik banner yang tersedia pada bagian halaman ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *