Ayat Alquran Ketika di Landa Masalah

Ayat Alquran Ketika di Landa Masalah

Setiap hidup di dunia ini kita tidak akan pernah luput dari yang namanya masalah. Sudah sewajarnya permasalahan itu datang tidak pernah berhenti akan selalu datang permasalahan – permasalahan yang baru. Baik itu permasalahan lama terulang kembali atau permasalahan yang baru kita hadapi. Selai masalah yang satu akan datang permasalah yang satunya.

Terkadang kita bertanya kepada diri sendiri atau kepada allah subhanahu wa ta’ala , kenapa masalah ini tidak pernah ada ujungnya dan masalah ini selalu saja ada permasalahan?!

Dari pertanyaan diatas, kita bisa menjawab semua yang terjadi pada diri kita adalah ujian kita selama hidup di dunia ini. Karena pada hakikatnya kita hidup untuk menghadapi ujian yang allah ta’ala berikan kepada kita sebagai hamba allah.karena allah subhanahu wata’ala telah berjanji kalau saja bisa menjalankan perintah dan menjauhi larangannya dan bisa mengatasi ujian yang allah berikan , maka akan bisa masuk surga saat di akhirat nanti. Dan kalau saja kita tidak bisa menghadapi ujian yang allah berikan dan tetapsa aj melanggar apa yang allah perintahkan , maka akan allah berikan siksa neraka .

Disaat kita menghadapi masalah yang berat maupun ringan  kita bisa merenungkan beberapa ayat al quran  berikut ini:

“Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya” (Q.S. Al-Baqarah: 286)

Disaat kita menghadapi masalah  kita harus yakin  kalau kita pasti bisa menghadapinya.

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan, Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan”  (Q.S Al-Insyirah: ayat 5-6)

selalu berpikirlah akan ada kemudahan selama kita mau berikhtiar untuk benar benar mau menghadapi masalah tersebut dengan hanya berpasrah diri kepada allah Subhanahu wa ta’ala.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, hingga mereka mengubah diri mereka sendiri”  (Q.S Ar-Rad  ayat 110)

Seperti yang disebutkan diatas, masalah yang terjadi pada kita , jangan kita abaikan tetapi harus kita hadapi dengan semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan kita. Dengan berikhtiar dan berdoa berharap allah menyelesaikan masalah kita .

“Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui” (Q.S. Al-Baqarah ayat 216)

Masalah yang terjadi pada diri kita itu atas izin Allah subhanahu wa ta’ala dan  di dalam masalah tersebut akan selalu ada hikmahnya. Tidak ada masalah yang kita sukai pastinya masalah itu kita tidak sukai. Tetapi di balik masalah tersebut  bisa jadi itu adalah penebusan dosa kita dan juga bisa saja allah akan menaikkan derajat kita

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah, maka Dia (Allah) akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak ia sangka. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia (Allah) telah menjadikan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu”. (Q.S. Ath-Thalaq ayat 2-3)

Kita adalah hamba nya allah  dan kita diwajibkan untuk selalu bertakwa dan tawakal kepada sang ilahi. Jika kita benar-benar bertaqwa dan bertawakal kepada allah, maka seperti yang disebutkan di ayat  diatas , allah akan mempermudah segala masalah yang kita hadapi dan juga akan memberikan rezeki  dari sumber yang tidak pernah kita sadari.

Segala permasalahan yang ada di dunia ini, jalan keluarnya sudah terdapat di dalam alquran. Allah ta’ala tidak pernah mempersulit hambanya, tetapi malahan kita sebagai hamba  allah yang mempersulit diri sendiri.

Dari penjelasan diatas, semoga kita sebagai hambanya allah ta’ala bisa selalu meyakini  dan selalu berpedoman dengan firman allah  dan kita tidak gampang berputus asa saat menghadapi setiap masalah-masalah yang datang pada kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *