Bagi-Bagi Makan Gratis Mewarnai Aksi Tim Makan Berkah di Jakarta

Bagi-Bagi Makan Gratis Mewarnai Aksi Tim Makan Berkah di Jakarta

Pandemi covid-19 sedikit banyak menghantam kondisi ekonomi warga Indonesia, tak terkecuali warga ibu kota. Banyak pekerja diberhentikan, bisnis yang gulung tikar, dan kesulitan mencari pekerjaan baru. Namun di sisi lain, pandemi juga memberikan kesempatan yang besar untuk saling peduli dan berbagi. Berbagai bentuk solidaritas dapat dilakukan untuk membantu sesama di tengah masa yang sulit seperti saat ini, salah satunya dengan berbagi makanan yang merupakan kebutuhan primer setiap manusia.

Gerakan Makkah (Makan Berkah), salah satu gerakan yang dibentuk sejak sebelum pandemi yang awalnya berupa pembagian Makan Berkah kepada jama’ah sholat Jum’at. Namun setelah pandemi, gerakan Makkah ini memusatkan sasaran kepada warga yang isoman, buruh, pesantren, panti asuhan, tukang sapu jalanan, ojek online, dan pedagang kaki lima. Berbagai kegiatan berbagi makanan dan asupan lain untuk memenuhi gizi penerima manfaat, seperti susu, vitamin, suplemen, dan sebagainya disalurkan dengan sumber dana dari para donatur oleh para relawan yang kini berjumlah lebih dari 1000 orang.

Pada tahun kedua pandemi di Indonesia, tim Makan Berkah masih tetap eksis dalam membantu warga Indonesia. Relawan Makkah berbagi makanan gratis kepada warga wilayah Jakarta dan sekitarnya dalam rangkaian kegiatan bagi-bagi makanan gratis yang diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 13 Oktober 2021 hingga hari Jum’at 15 Oktober 2021. Kehadiran tim Makkah yang merupakan program dari LAZNAS Sahabat Yatim Indonesia saat membagikan makanan dan susu di daerah Cilincing, Jakarta Utara pada hari pertama disambut hangat oleh warga setempat. Para ibu dan anak-anak berkumpul mendekati pos penyaluran makanan dan susu untuk mengantri.

“Alhamdulillah bersyukur sekali atas rizki-Nya, mudah-mudahan bisa lanjut ke depannya”, ucap bu Yusri Lestari, salah satu warga Cilincing saat ditanya bagaimana perasaannya dengan adanya kehadiran tim. Makanan dan susu yang dibagikan menurutnya sangat bermanfaat bagi warga. Selain para ibu yang berbahagia, anak-anak juga menjawab mereka merasa senang bisa mendapatkan kotak makan dan susu dari kegiatan ini. Besar harapan mereka, kegiatan berbagi makanan seperti ini bisa rutin diselenggarakan.

Asep, salah satu relawan yang terjun menyalurkan Makan Berkah pada hari Rabu (13/10) menyampaikan, “Hari ini kami melakukan penyaluran di daerah Cilincing, Jakarta Utara, upaya untuk terus bersemangat menebarkan kebaikan sebagaimana yang Allah firmankan dalam QS Al-A’raf ayat 56 : Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang melakukan kebaikan. Semoga Allah melimpahkan kebaikan untuk kita semua, khususnya kepada sahabat dermawan.”

Semoga dengan program-program Gerakan Makkah, terbentuk ikatan persaudaraan di tengah masyarakat dan menjadi pelopor aksi-aksi solidaritas bagi seluruh wilayah Indonesia di masa pandemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *