Berapa Lama Daging Qurban Tahan di Freezer?

Berapa Lama Daging Qurban Tahan di Freezer?

Berapa lama daging qurban tahan di Freezer?  Di hari raya idul adha  umat muslim akan melaksanakan yang namanya ibadah qurban. Dimana hewan yang akan dikurbankan adalah kambing, sapi, domba, unta. Untuk  kita  di negara indonesia hewan yang akan digunakan untuk kurban adalah mayoritas hewan sapi dan kambing. Karena di negara kita tercinta  kedua hewan ini yang mudah untuk diperoleh.

Setelah selesai melaksanakan ibadah qurban di hari idul adha , tentunya kebanyakan umat muslim  memiliki stok daging yang lumayan melimpah.  Dan mereka juga tidak mungkin mengolah semua daging  dalam satu waktu. Dan biasanya , supaya  daging hasil dari qurban tetap segar, awet dan tahan lama.  Daging akan di simpan di dalam lemari pendingin atau kulkas.

Tetapi perlu diketahui juga kalau menyimpan daging di dalam kulkas juga memiliki batas waktu nya.  Untuk daging mentah alangkah baiknya tidak  disimpan lebih dari dua jam di dalam suhu ruangan. Tetapi jangan juga langsung di simpan  ke dalam kulkas freezer.  Sebelumnya kalian simpan di bagian chiller yang memiliki suhu 40 derajat celcius supaya daging tidak mengalami perubahan suhu yang begitu drastis dan tidak merusak kualitasnya.

Supaya kalian mengetahui dan menentukan berapa lama ketahanan daging  disimpan  yang sebenarnya semua tergantung dengan jenis daging  misalnya  daging unggas kalau di simpan di lemari pendingin freezer bisa bertahan sampai 9 bulan.

Untuk yang jenis ikan –ikanan dan  produk dari makanan laut yang masih segar dan mentah kalau di simpan di kulkas biasa hanya bertahan 1 -2 hari saja tetapi jika di simpan di freezer bisa bertahan lebih lama lagi.

Untuk daging sapi yang merah mentah jika disimpan di dalam freezer yang memiliki suhu dibawah -18 derajat celcius akan bisa bertahan dan akan tetap segar selama 6-12 bulan lamanya. Adapun ketahanan daging juga bisa ditentukan pada bagiannya . untuk bagian has dalam dapat bertahan mencapai 12 bulan . namun dibagian lidah ataupun jeroan cuman bisa betahan maksimal sampai 4 bulan selama penyimpanan di dalam Freezer.

Walaupun daging jika disimpan di freezer memiliki ketahanan yang lama , kalian tetap harus mengecek kondisi daging yang akan kalian olah. Jika disaat penyimpanan daging berubah warna menjadi kecoklatan dan tidak terlihat segar lagi . itu bisa menjadi tanda kalau daging sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi.

Bisa juga , kalau kalian sudah mengeluarkan daging yang disimpan atau kalian bekukan di dalam freezer. Alangkah baiknya kalian isi tanggal  pertama kali kalian menyimpannya. Catatan ini sangat diperlukan ketika menentukan daging mana dahulu yang akan kalian  pergunakan untuk diolah.

Kalau kalian sudah mengeluarkan daging yang disimpan  maka kalian langsung dimasak semuanya supaya tidak ada yang sisa yang nanti harus dibekukan kembali.  Kalau membekukan kembali daging mentah  yang sudah kalian cairkan bisa membuat menurunnya kualitas daging  dan bisa cepat busuk.

Oleh karena itu seperti yang dijelaskan di awal saat akan menyimpan daging ke dalam freezer kalian bisa memotong atau membagi daging sesuai dengan porsi yang kalian nantinya olah setiap harinya.jadi disaat  mengambil daging di dalam freezer . itu adalah porsi daging untuk diolah dan dikonsumsi dalam sehari.

Begitulah  penjelasan berapa lama daging qurban tahan di freezer, semoga penjelasan diatas bisa kalian pahami dan  bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *