Bersyukur di Kala Susah

Bersyukur di Kala Susah

Bersyukur di Kala Susah, Secara bahasa, Bersyukur adalah tanda terima kasih atas rezeki yang dilimpahkan oleh Allah SWT. Bersyukur menurut agama islam adalah sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibnul Qayyim yaitu “Syukur adalah menunjukkan adanya nikmat Allah pada dirinya. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah”. (Madarijus Salikin : 2/224).

Bersyukur juga merupakan sifat yang sering dicontohkan oleh para Nabi yang senantiasa berterima kasih kepada Allah atas nikmat yang diberikan walaupun dalam bentuk cobaan dan rintangan yang dilalui. Allah menceritakan sifat para Nabi tersebut dalam firman Nya

“Sesungguhnya Nuh adalah hamba yang banyak bersyukur”. (QS Al Isra : 3)

“Sesungguhnya Ibrahim adalah iman yang teladan lagi patuh, ia senantiasa mensyukuri nikmat Allah, Allah telah memilihnya dan menunjukkan kepada jalan yang lurus”. (QS An Nahl : 120-121).

Keutamaan Bersyukur

Bersyukur dikala susah dapat memberikan kita banyak manfaat dan keutamaan dari bersyukur. Berikut keutamaan bersyukur dalam islam.

1. Menjalankan Perintah Allah

Beryukur merupakan bagian dari salah satu printah yang dianjurkan Allah SWT seperti yang disampaikan pada firman Nya “Dan syukurilah nikmat Allah jika hanya kepada Nya saja kamu menyembah”. (QS An Nahl : 114). Anda yang senantiasa bersyukur berarti telah menjadikan rasa syukur tersebut sebagai lahan ibadah sebab telah menjankan salah satu perintah Nya.

2. Mengingat dan Mengakui Nikmat Allah

Sesungguhnya Allah Maha Mulia senantiasa memberikan nikmat yang tiada duanya berupa berupa rejeki, kesehatan, serta nikmat umur agar manusia senantiasa bersyukur, kita sebagai manusia seluruhnya bergantung kepada Allah. Salah satu cara mengakui nikmat yang diberikan Allah adalah dengan cara bersyukur. Selain dari itu, bersyukur juga sebagai bukti bahwa kita senantiasa mengingat segala sesuatu yang kita peroleh semata dari Allah SWT.

 “Hai manusia ingatlah nikmat Allah kepadamu, adakah pencipta yang dapat memberikan rezeki kepadamu dari langit dan bumi selain Dia?”. (QS Fathir : 3)

3. Mendapat Rezeki yang Berkah

Bersyukur juga dapat menjadi sumber dari keberkahan atas segala bentuk rezeki yang telah kita peroleh. “Mintalah rezeki di sisi Allah dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada Nya”. (QS Al Ankabut : 17). 

4. Jalan Menuju Surga

“Sesungguhnya jika Allah menguji hamba Nya kemudian dia bersabar maka aku gantikan baginya surga”. (HR Bukhari). Orang yang mendapat ujian dan dia menerima serta menjalani dengan ikhlas maka Allah menjanjikan bagi nya surga karena rasa sabar dan rasa syukurnya tersebut.

5. Pengakuan atas Kesempurnaan Allah

Coba lihatlah dari setiap organ tubuh beserta dengan isi alam yang diciptakan oleh Allah yang semata segalanya diberikan oleh Allah dengan segala manfaat untuk keberlangsungan hidup. Betapa Allah maha sempurna dan tidak ada yang mampu menciptakan sesuatu setara dengan Nya, “Dan juga pada dirimu sendiri. maka apakah kamu tidak memperhatikan?”. (QS Ad Dzaariyat : 21).

6. Mendapat Tambahan Nikmat

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu”. (QS Ibrahim : 7). Allah akan menambah nikmat bagi orang yang bersyukur, nikmat ini berlaku selama lamanya sebab dikatakan pula pada sebuah hadits “ketika engkau melihat keadaanmu tidak bertambah maka mulailah bersyukur”.

7. Bentuk Perlawanan dari Tipu Daya Syetan

 “Kemudian saya (syetan) akan mendatangi manusia dari muka dan belakang mereka, dari kanan dan kiri mereka dan Engkau (Allah) akan mendapati kebanyakan dari mereka tidak bersyukur”. (QS Al A’raf : 17).

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *