Cara Mudah Memotong Anggaran Makan Hingga 50 Persen

Cara Mudah Memotong Anggaran Makan Hingga 50 Persen, Kebutuhan akan makanan menjadi pengeluaran terbesar dari sebagian besar rumah tangga. Bagian pengeluaran untuk makanan mampu mencapai 40 – 50% dari total pendapatan bulanan. Dengan demikian, jika anda mampu melakukan penghematan pada pengeluaran tersebut, maka akan ada cukup banyak penghematan yang akan terjadi dalam sistem keuangan anda. Jika anda memiliki rencana ingin melakukan hal tersebut, berikut ini kami punya beberapa tips dan cara yang dapat anda lakukan.

7 Cara Mudah Memotong Anggaran Makan Hingga 50 Persen

Dari beberapa narasumber ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memotong anggaran makanan hingga mencapai 50%. Seperti apa caranya.? Berikut beberapa diantaranya.

Pola Makan Vegetarian

Menerapkan pola makan vegetarian bisa menjadi salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk menghemat pengeluaran pada makanan dan minuman. Pola makan vegetarian cenderung mengkonsumsi sayur, nabati dan buah buahan dibandingkan dengan mengkonsumsi daging.

Jika pola makan vegetarian dapat diterapkan maka akan ada banyak sekali penghematan yang dapat dilakukan. Hal tersebut dapat terjadi apabila anda kerap kali membeli daging untuk menu makanan setiap harinya. Seperti yang diketahui, harga daging di pasaran jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga sayuran.

Hentikan Kebiasaan Mengkonsumsi Alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi alkohol, selain dapat berdampak buruk terhadap kesehatan, namun cara ini juga akan menghabiskan cukup banyak pengeluaran. Jika anda biasanya mempersiapkan anggaran untuk membeli alkohol, maka mulailah menghentikan kebiasaan tersebut dan belajarlah untuk menerapkan pola hidup yang sehat dan hemat.

Masak Bahan Makanan Sendiri

Belanja makanan di luar memang lebih praktis, namun konsekuensinya anda harus mengeluarkan anggaran yang lebih banyak untuk mendapatkannya. Dari pada anda membeli makanan di luar, ada baiknya jika anda mempertimbangkan untuk memasak atau mengolah makanan sendiri di rumah.

Mengolah makanan di rumah tentu jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli makanan diluar, ditambah lagi  mengolah makanan di rumah akan menjamin kesehatan lebih terjaga, sebab komposisi dan bahan yang digunakan dalam pembuatannya sudah jelas.

Jangan Terlalu Sering Berbelanja

Memiliki kebiasaan sering berbelanja tentu akan membuat pengeluaran anda menjadi lebih banyak. Selain mengeluarkan terlalu banyak uang, kebiasaan sering berbelanja juga bisa membuat anda membeli barang yang mungkin saja tidak begitu terlalu dibutuhkan.

Stok bahan makanan tahan lama di dalam dapur seperti telur, daging beku, minyak zaitun, bumbu dapur, dan lain sebagainya. 

Membawa Makan Siang dari Rumah

Menjadi seorang karyawan dari sebuah instansi biasanya tidak memiliki waktu yang cukup untuk pulang ke rumah dan menikmati makan siang bersama keluarga. Oleh karena itu, wajar wajar saja jika anda sebagai seorang karyawan lebih memilih makan di kantor dengan membeli makanan di warung warung terdekat dengan kantor.

Untuk anda yang ingin mengehmat pengeluaran pada makanan, sebaiknya anda mengurangi kebiasaan tersbeut yaitu dengan cara membawa bekal dari rumah masing masing. Selain dapat mengehemat pengeluaran, cara tersebut juga terbilang lebih sehat, karena anda dapat memastikan menu dan komposisi makanan yang baik untuk anda, terutama bagi anda yang memiliki alergi terhadap beberapa macam bahan makanan.

Nah itulah beberapa cara yang dapat anda terapkan untuk menghemat jumlah pengeluaran pada makanan. Jika anda mampu menerapkan hal hal yang telah dijelaskan di atas, maka seharusnya anda sudah lebih hemat dibandingkan sebelumnya.

Dalam rangka memperingati hari kesehatan, kami ingin mengajak anda semua untuk membantu kaum dhuafa seperti yatim, fakir, miskin dan orang orang yang membutuhkan lainnya, untuk memenuhi kebutuhan kesehatan mereka.  Jika anda berkenan, silahkan salurkan dana atau bantuan anda melalui gerakan makkah atau gerakkan makan berkah, sedekah makan, berbagi makan gratis untuk keluarga yatim dan kaum dhuafa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *