Dahsyatnya Pahala Mentraktir Makan

Dahsyatnya Pahala Mentraktir Makan

Dahsyatnya Pahala Mentraktir Makan, Mentraktir makan teman teman sudah bukanlah hal yang baru lagi dalam bergaul. Bahkan mentraktir teman sudah menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian besar orang.

Dalam ajaran Islam, mentraktir teman merupakan sebuah perilaku yang terpuji, seperti apa yang diriwayatkan dalam Ash-Shahihain dan selainnya, dari Abdullah bin Amr radhiallahu ‘anhu, bahwasannya seseorang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Apakah amalan yang paling baik di dalam Islam?” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Memberi makan, mengucapkan salam kepada orang yang dikenal maupun yang tidak dikenal” (HR. Muslim)

Dan Rasulullah pernah bersabda, “Wahai sekalian manusia, tebarkanlah salam di antara kalian, berilah makan, sambunglah tali silaturahmi dan shalatlah ketika manusia tidur malam, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (Shohih. Riwayat Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad)

Kunci Utama Dalam Mentraktir Orang

Dalam mentraktir orang jangan sembarangan sebagaimana sabda Rasulullah,

“… janganlah memakan makananmu kecuali orang yang bertakwa.” (Abu Daud, no. 4832; Tirmidzi, no. 2395)

Dalam hal tersebut menjelaskan bahwa ketika orang yang kita traktir merupakan orang yang bertakwa, maka pahala dari ibadah mereka akan mengalir ke kita, dan berbeda dengan mentraktir orang orang yang ahli maksiat, akan berbahaya bagi kita kalo seandainya dia melakukan maksiat, kecuali Anda tidak tahu .

Mentraktir teman tidak perlu nunggu kaya, atau memiliki harta yang banyak, sebab memberi makan seseorang merupakan bagian dari sedekah yang tidak akan mengurangi harta.

Tidaklah sedekah itu mengurangi harta, dan tidaklah Allah menambah bagi seorang hamba dengan pemberian maafnya (kepada saudaranya) kecuali kemuliaan, serta tidaklah seseorang merendahkan diri di (hadapan) Allah kecuali Dia akan meninggikan (HR Muslim).

Dan yang paling utama, kebiasaan bersedekah (Suka mentraktir orang lain) dapat Meredam kemurkaan Allah dan mencegah dari kematian yang buruk sebagai mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Dari Anas ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda : “Sungguh sedekah dapat meredam murka Allah dan mencegah dari kematian yang buruk” (HR. Tirmidzi)

Sungguh besar manfaat dari mentraktir ini, yuk beri makan orang lain dengan mentraktir Selamat menikmati indahnya bersedekah.. insyaAllah hidup Anda barokah dan selamat dunia akhirat.. amiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *