Dekatkan jodoh dan Rezeki, Manfaat bangun Subuh Menurut Islam

Dekatkan jodoh dan Rezeki, Manfaat bangun Subuh Menurut Islam

Dekatkan jodoh dan Rezeki, Manfaat bangun Subuh Menurut islam. Bangun pagi atau subuh  merupakan hal yang sulit bagi sebagian orang.hal ini  karena tidak terbiasanya untuk bangun di waktu subuh, biasanya orang yang tidak mengerjakan sholat subuh yang tidak bisa bangun . bangun subuh bisa  bisa melancarkan rezeki dan bisa mudah mendapatkan jodoh. 

Mangkanya orang tua dahulu biasanya mengatakan kalau bangun siang nanti rezeki dipatok ayam. Itu hanyalah istilah orang tua dahulu.  Bukan hanya urusan rezeki saja tetapi bangun  subuh bisa juga bermanfaat untuk menjalin silaturahmi , termasuk bisa mendekatkan seseorang dengan jodoh.

Seperti yang diucapkan oleh ustad Das’ad di dalam ceramahnya  “ orang selesai subuh mestinya sudah melakukan aktivitas , kalau dia kembali tidur maka jauh dari rezeki. Kalau selalu tidur pagi jauh dari jodoh . bangun diatas jam 7 rezeki jauh dan kalau calon mertua tahu langsung dia panggil anaknya tidak usah kamu menikah apa itu malas betul calon suamimu.”

MANFAAT BANGUN SUBUH

Disebutkan di akhir hadits bahwa orang yang bangun dan terlepas darinya tiga ikatan setan, ia akan semangat dan fit di pagi harinya. Jika tiga ikatan tersebut tidaklah lepas, maka akan malas dan tidak sehat di pagi harinya.

Mari terus semangat bangun malam dan bangun Shubuh. Moga kita termasuk golongan yang mendapatkan kebaikan dan keberkahan yang banyak lewat doa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud no. 2606, Tirmidzi no. 1212 dan Ibnu Majah no. 2236. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

 KEBIASAAN SALAFUS SHALIH DI PAGI HARI

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Waa’il radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan, “Kami mendatangi ‘Abdullah bin Mas’ud di pagi hari setelah salat Subuh. Kami mengucapkan salam di depan pintu, kemudian kami diizinkan untuk masuk. Kami pun menunggu sejenak. Kemudian keluarlah seorang budak perempuan dan berkata, ‘Mengapa kalian tidak masuk ?’ Kemudian kami masuk ke dalam rumah sementara ‘Abdullah bin Mas’ud sedang duduk sambil berzikir. Beliau berkata kepada kami, ‘Apa yang menghalangi kalian untuk segera masuk padahal sudah aku beri izin?’ Kami menjawab, ‘Kami mengira sebagian anggota keluargamu sedang tidur.’ Beliau berkata, ‘Apakah kalian mengira bahwa keluargaku adalah orang yang lalai?’

Kemudian beliau pun terus melanjutkan berzikir hingga kira-kira matahari telah terbit. Beliau memerintahkan kepada budaknya, ‘Lihatlah apakah matahari sudah terbit?’ Budaknya pun melihat keluar. Apabila ternyata belum terbit, maka beliau melanjutkan berzikir. Apabila beliau menyangka matahari telah terbit, beliau pun memerintahkan kembali kepada budaknya, ‘Lihatlah apakah matahari sudah terbit?’ Budaknya pun kembali melihat keluar. Apabila matahari sudah terbit, maka beliau mengucapkan,

‘Segala puji bagi Allah yang telah menolong kami pada pagi hari ini dan tidak membinasakan kami dengan dosa-dosa kami. ’” (HR. Muslim no. 822)

KEBERKAHAN WAKTU PAGI

Bagi orang yang menjaga zikir di waktu pagi akan menjadikan dirinya memiliki kekuatan dalam sepanjang harinya. Imam Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan,

“Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah pernah shalat Subuh. Kemudian setelahnya beliau berzikir kepada Allah hingga pertengahan siang. Kemudian beliau menoleh kepadaku dan berkata, ‘Ini adalah aktivitas sarapan di pagi hari. Jika aku tidak sarapan dengan makanan ini (zikir), maka kekuatanku akan hilang – atau ucapan yang semisal ini – ’” (Al Waabilush Shayyib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *