Hak-hak Perempuan Dan Anak Pasca Perceraian

Hak-hak Perempuan Dan Anak Pasca Perceraian

Sekarang ini masyarakat sudah semakin jauh dari ilmu diin dan kurangnya perhatian . yang membuat  hukum menjadi rancu dan samar.  Seperti  halnya dalam perceraian  antara suami istri.  Kaum muslimin kebanyakan yang  tidak tahu akan hukum  seputar talak . akibatnya  seorang suami  sangat mudah sekali dalam mengeluarkan talak dari ucapannya.   Yang tanpa disadari ucapan itu sudah termasuk dihukumi talak.   Yang membuat kerusakan  yang tidak disadari , karena kurangnya amalan dan lisan yang tidak memiliki dasar ilmu.  Oleh karena itu penulis  akan membahas secara ringkas mengenai talak (perceraian)  dan juga Hak-hak perempuan dan anak pasca perceraian  .

Pengertian talak  secara ilmu bahasa   melepaskan ikatan  kata ini adalah derivat dari kata “ithlaq’, yang berarti melepaskan atau meninggalkan.

Untuk secara ilmu syar’I talak artinya melepaskan ikatan perkawinan ( Fathul Bari, Ibnu Hajar, Darul Ma’rifah, 1379,9/346)

Berikut dalil-dalil yang memperbolehkan talak

Allah Berfirman yang artinya:

“ Talak ( yang dapat dirujuk) dua kali. Setelah itu boleh rujuk lagi dengan cara yang ma’ruf atau menceraikan dengan cara yang baik . “( QS. Al Baqarah: 229)

“ Hai nabi , apabila kamu menceraikan isteri-isterimu maka hendaklah kamu ceraikan mereka pada waktu mereka dapat ( menghadapi) iddahnya ( yang wajar)” ( QS.Ath Thalaq:1)

Dari ibnu Qudamah al Maqdisi menyatakan bahwa para ulama sepakat memperbolehkan talak. ‘ibrah  juga dibolehkannya talak.  Sebab di dalam rumah tangga diperkirakan  pernikahan akan berubah menjadi suatu hal yang bisa membawa mafsadat. Yang  selalu terjadi ketika itu hanyalah pertengkaran dan perdebatan saja yang tidak ada hentinya. Karena masalah inilah  dalam Syariat islam diperbolehkan syariat nikah tersebut diputus dengan talak demi menghilangkan mafsadat  ( Al Mughni , Ibnu Qudamah Al Maqdisi, Tahqiq: DR. ‘Abdullah bin ‘Abdil Muhsin At Turki. Dr. ‘Abdul Fattah Muhammad Al Halawi. Dar ‘alam al kutub, 10 / 323 )    

Disaat terjadinya perceraian yang mendapatkan dampak palin rentan adalah istri dan anak , dimana sang istri mendapatkan hak-hak dari suami setelah perceraian . dalam hal ini masyarakat  terutama istri masih awam sekali tentang informasi  hak-hak   setelah perceraian  berikut penjelasannya:

Dari surat edaran Direktorat jenderal badan peradilan agama nomor 1669/DJA/HK.00/5/2021 perihal jaminan pemenuhan hak-hak perempuan dan anak pasca perceraian. Sebagai berikut:

Terjadinya perceraian yang disebabkan dari permohonan cerai suami kepada istri . kalau dikabulkan permohonan cerai talak dari suami,  maka sesuai dengan pasal 149 kompilasi islam seorang istri mempunyai hak untuk mendapatkan :

  1.   Mut’ah yang layak mantan Suaminya, mau berupa uang maupun benda, terkecuali  mantan istri tersebut Qabla al Dukhul ;
  2.   Nafkah, maskan dan kiswah kepada mantan istri selama masa iddah, terkecuali mantan istri telah dijatuhi talak ba’in atau nusyuz dan dalam keadaan tidak hamil;
  3.   Pelunasan mahar yang masih terhutang seluruhnya dan separuh apabila Qabla al dukhul;
  4.   Biaya hadhanah terhadap anak-anaknya yang belum berumur 21 tahun;
  5.   Mempunyai hak atas nafkah lampau, apabila selama perkawinan tersebut , suami tidak memberi nafkah;
  6.   Perempuan mempunyai hak atas harta bersama, dibagi menurut ketentuan yang ditentukan di dalam pasal 96 dan 97 kompilasi hukum islam
  7.   Perempuan mempunyai hak untuk mendapatkan hak hadhanah bagi anak yang belum berumur 12 tahun.

Untuk hak anak akibat perceraian kedua orang tua sebagai berikut:

  1.   Setiap anak  mempunyai hak untuk mendapatkan pemeliharaan, pendidikan,kesehatan,rumah dan juga lingkungan tempat tinggal yang baik lahir dan batin termasuk juga mendapatkan curahan kasih sayang.
  2.   Seluruh  biaya hidup seorang anak akan menjadi tanggung jawab ayah dan ibunya.
  3.   Mempunyai hak untuk bertemu ayah dan ibunya bagi setiap anak yang kedua orang tuanya  pasca perceraian.

Begitulah pembahasan Hak-hak perempuan dan anak pasca perceraian, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *