Hal Sederhana Ini Akan Membuat Puasa Anda Berkah

Hal Sederhana Ini Akan Membuat Puasa Anda Berkah

Hal Sederhana Ini Akan Membuat Puasa Anda Berkah, Memasuki bulan suci ramadhan, umat muslim akan menunaikan ibadah puasa. Menjalankan ibadah puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, melainkan hawa nafsu juga menjadi suatu hal yang harus dijaga, mulai dari subuh (imsak) hingga sampai adzan magrib. Mesti berat untuk dijalani, namun banyak ganjaran pahala yang telah dijanjikan Allah SWT untukmu yang giat melaksanakan ibadah kepadaNya. Meningkatkan ibadah selama bulan suci ramadhan memiliki banyak keutamaan yang salah satunya sumber pahala yang berlipat ganda.

فَإِنَّ عُمْرَةَ فِيْ رَمَضَانَ حَجَّ

Artinya: “Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan sama dengan pahala haji.” (HR Bukhari)

Selain itu, sedekah yang dilakukan di bulan ramadhan juga merupakan sedekah yang paling baik di mata Allah.

أيُّ الصَّدَقَةِ أفْضَلُ؟ قَالَ صَدَقَةٌ فَيْ رَمَضَانَ

Artinya: “Rasulullah SAW pernah ditanya; Sedekah apakah yang paling mulia? Beliau menjawab: “Yaitu sedekah di bulan Ramadhan.” (HR Tirmidzi)

Puasa Menjadi Berkah Selama Ramadhan

Dengan ganjaran pahala yang berlipat ganda, membuat bulan suci ramadhan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Pada bulan ini, sejatinya banyak hal yang bisa anda lakukan untuk membuat Ramadhan makin berkah. Berikut beberapa hal di antaranya.

1. Perbanyak Ibadah

Sebagai bulan yang penuh berkah, bulan suci ramadhan merupakan bulan yang paling baik untuk memperbanyak ibadah, sebab setiap ibadah dan kebaikan yang dilakukan selama bulan suci ramadhan, akan menjadi sumber pahala yang berlipat ganda.

2. Bersedekah

Salah satu makna yang dapat kita ambil dari berpuasa adalah merasakan penderitaan mereka yang kekurangan. Namun di bulan suci ramadhan, merasakan penderitaan mereka saja tidak cukup. Akan lebih baik jika anda dapat membantu mereka dengan bersedekah.

Ada banyak cara bersedekah yang dapat anda lakukan selama bulan suci ramadhan, salah satunya adalah dengan sedekah makanan bagi yang menjalankan puasa.

Memberi sedekah makanan terhadap orang yang menjalankan ibadah puasa memiliki keutamaan.

Dalam HR Tirmidzi disebutkan Nabi Muhammad SAW bersabda, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun”.

3. Tetap Aktif

Tetap bekerja dan melakukan hal yang bermanfaat saat puasa juga termasuk dengan ibadah. Semakin banyak ibadah yang kita lakukan selama bulan suci ramadhan tentu akan semakin banyak pula pahala yang akan kita dapatkan. Maka dari itu, selalu bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari hari yang meskipun berada dalam kondisi berpuasa.

4. Menjaga Hawa Nafsu dan Perbuatan Buruk

Berpuasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus saja. Dalam menjalankan ibadah puasa kita juga perlu menjaga diri dari hawa nafsu dan perkataan kotor. 

Jangan sampai puasa menjadi sia-sia karena perilaku yang bercela. Agar puasa tidak sia sia, dan selalu  dinaungi keberkahan, maka sudah sepatutnya anda menjaga lisan. Jika tidak mampu berkata akan lebih baik untuk diam.

5. Istirahat yang Cukup

Jika anda memiliki waktu yang luang, daripada digunakan untuk sesuatu yang tidak bermanfaat, alangkah baiknya jika anda gunakan untuk istirahat. Istirahat yang cukup akan membuat tubuh anda menjadi sehat. Kesehatan tubuh adalah suatu hal yang harus anda jaga agar ibadah puasa selama bulan suci ramadhan tidak ada yang bolong, dan pastinya anda akan dilimpahkan dengan lebih banyak pahala.

Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan selama menjalankan ibadah puasa agar puasa menjadi lebih berkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *