Hari Muharram Itu Hari Apa?

Hari Muharram Itu Hari Apa?

Hari Muharram itu hari apa?  Bulan muharram  berasal dari kata Haram yang memiliki arti suci atau terlarang. Kenapa dinamakan muharram?  Karena pada zaman dahulu. Adanya larangan untuk berperang dan membunuh pada bulan ini. Dan larangan tersebut terus berlaku sampai masa islam. Dan bulan muharram merupakan salah satu bulan yang Haram.

Pada masa sebelum Rasulullah dan setelah adanya rasulullah   orang arab di waktu itu  belum memiliki angka tahun.  Mereka Pun memberikan nama tahun dengan peristiwa besar yang terjadi disaat tahun tersebut.  Seperti contohnya  terdapat tahun yang disebut dengan tahun gajah (Amul fil) sebab pada tahun tersebut telah terjadi peristiwa pasukan gajah  yang dipimpin oleh abrahah yang berniat untuk menghancurkan Ka’bah. Dan  ada juga tahun yang disebut dengan tahun fijar (Amul Fijar)  karena pada waktu itu terjadi yang namanya perang fijar.  Terdapat juga tahun nubuwah karena pada tahun tersebut Rasulullah menerima wahyu.

Disaat masa pemerintahan Umar Bin Khattab Radhiyallahu ‘anhu, di tahun ketiga  terjadi suatu masalah yang dialami oleh para pejabat  pemerintah.  Karena tidak ada angka tahun yang membuat sebagian para pejabat pemerintah mendapatkan kesulitan . salah satunya adalah Gubernur Basrah abu Musa Al ASy’ari Radhiyallahu ‘anhu. Maka dari itu atas aduan dari Abu Musa, Umar lalu menerbitkan Kalender Islam. Keputusan umar ini beliau putuskan setelah melakukan musyawarah dengan para sahabat terkemuka. Umar memberikan keputusan kalau awal kalender islam dimulai dari tahun hijrahnya Rasulullah, sebab kalender islam dikenal dengan nama kalender Hijriyah.

Bulan Muharram ini dijadikan bulan pertama tahun hijriyah merupakan suatu usulan dari sahabat Utsman bin Affan. Karena sejak zaman dahulu orang-orang arab selalu menganggap muharram adalah bulan pertama. Dan kedua, dan umat islam juga telah selesai menjalankan ibadah haji yang dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah.  Ketiga, Pada Bulan Muharram adalah bulan munculnya tekad untuk hijrah ke madinah sebab setelah terjadinya Baiat Aqabah II pada bulan Dzulhijjah

Maka dari itu sampai saat ini Muharram menjadi bulan pertama di dalam kalender hijriyah. 1 Muharram adalah tahun baru Hijriyah.

KEUTAMAAN BULAN MUHARRAM

Bulan Muharram adalah bulan yang mulia di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala  dimana terdapat beberapa keutamaan  pada bulan ini  berikut keutamaan bulan muharram :

  1.   Bulan Haram

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan haram. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu. (QS. At Taubah : 36)

Yang Dimaksud  di dalam surat at taubah diatas  adalah bulan dzulqa’dah, dzulhijjah, Muharram dan rajab

Pada bulan haram ini  kaum muslimin dilarang berperang , kecuali terpaksa; kalau diserang oleh kaum kafir. Kaum muslimin pada bulan ini supaya menjauhi perbuatan aniaya pada bulan haram.

  1.   Bulan Allah

Keutamaan bulan Muharram yang kedua adalah, bulan ini disebut sebagai syahrullah (bulan Allah). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada syahrullah (bulan Allah) yaitu Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim)

  1.   Waktu Puasa Tasu’a dan Asyura

Kemuliaan ketiga dari bulan ini adalah, disunnahkannya puasa tasu’a dan ayura. Bahkan puasa tasu’a dan asyura serta puasa sunnah lainnya (senin kamis, ayyamul bidh, puasa daud), nilainya menjadi puasa yang paling mulia setelah Ramadhan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah (berpuasa) di bulan Allah, Muharram. (HR. Muslim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *