Hikmah Bagi Orang yang Berpuasa

Hikmah Bagi Orang yang Berpuasa

Hikmah Bagi Orang yang Berpuasa, Memasuki bulan suci Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa yang dimulai dari subuh hingga terbenamnya matahari. Ibadah puasa dijalankan selama 30 hari lamanya. 

Selain dapat meningkatkan kualitas diri serta keimanan, masih ada banyak hikmah dari menjalankan ibadah puasa.

Ibadah puasa sudah ada sejak Nabi Adam As yang kala itu melakukan puasa Ayyamul Bidh. Ibadah ini diteruskan hingga Nabi Muhammad SAW, dan hingga sampai saat ini, umat muslim tidak pernah melakukan Ibadah ini saat  menjelang bulan suci Ramadhan.

Hikmah Puasa

Saat menjalankan ibadah puasa, umat muslim akan menahan lapar dan haus yang dimulai dari waktu imsak hingga terbenamnya mata hari tepatnya saat Adzan Magrib. Di balik ibadah puasa terdapat banyak hikmah bagi orang orang yang menjalankannya dan berikut beberapa hikmah dalam menjalankan ibadah puasa.

1. Meningkatkan Ketaqwaan Kepada Allah Swt.

Hikmah puasa secara umum yaitu bisa menaikkan derajat takwa seseorang kepada Allah Swt. dan Rasulullah Saw.

Menjalankan ibadah puasa pun tertera dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183).

2. Hikmah Puasa Ramadhan Bisa Lebih Qanaah

Qanaah adalah rela atau menerima takdir yang diberikan oleh Allah Swt.

Seperti situasi bulan puasa Ramadhan tahun ini yang membuat banyak orang tidak bisa pulang kampung, shalat berjamaah di masjid, dan beraktivitas seperti biasanya karena wabah virus Corona.

Dengan berpuasa maka akan muncul rasa syukur dan merasa cukup atas segala sesuatu yang diberikan Allah Swt.

Subhanallah.

3. Latihan Mengontrol Hawa Nafsu

Saat menjalankan ibadah puasa, kita tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, melainkan kita juga diajarkan untuk mengontrol dan menahan hawa nafsu. Dengan menjalankan ibadah puasa, kita dapat membiasakan atau mengajarkan diri kita untuk selalu melakukan hal hal yang baik dan terlebihnya lagi, dengan berpuasa, kita dapat menghindari perbuatan maksiat.

4. Hikmah Puasa Ramadhan Bisa Saling Berbagi

Dengan menahan lapar dan haus saat berpuasa, membuat kita seolah olah merasakan situasi atau perasan menjadi orang yang kurang mampu, sehingga diharapkan dengan berpuasa kita dapat berempati dan peka pada orang kurang mampu dan kelaparan.

5. Puasa Baik bagi Kesehatan Jasmani

Hikmah puasa selanjutnya adalah dapat membantu menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Dengan berpuasa, kedekatan rohani kita dengan Allah SWT dapat terpenuhi, dan di lain sisi, berpuasa dapat membuat sistem pencernaan tubuh dalam tubuh kita memperoleh waktu untuk beristirahat sejenak. 

6. Selalu Berusaha Menjadi Lebih Baik

Secara tidak kita sadari, berpuasa dapat mendorong kita untuk melakukan segala perbuatan baik dan mejauhi segala perbuatan yang terlarang. Hal tersebut menjadi hikmah dari berpuasa yang keenam, yang dimana kita selalu berusaha untuk menjadi orang lebih baik dari sebelumnya.

7. Meninggalkan Kesenangan Dunia

Saat menjalankan ibadah puasa di buat suci ramadhan, kita akan disibukkan dengan berbagai ibadah mulai dari shalat, berdoa, sedekah dan perbuatan atau kegiatan ibadah lainnya. Hal tersebut membuat kita seolah olah melupakan kesenangan dunia.

Itulah beberapa hikmah yang terkandung di balik ibadah puasa, dan semoga dengan berpuasa dapat membawa kita untuk menjadi orang yang jauh lebih baik dari kehidupan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *