Hukum Meditasi Dalam Islam Dan Dalilnya

Hukum Meditasi Dalam Islam Dan Dalilnya

Meditasi merupakan sebuah sistem dalam olah tubuh dan juga mental  yang sebagai fungsi untuk mengembangkan konsentrasi dan kebijaksanaan di dalam diri .hukum asalnya meditasi itu tidak terlarang, tetapi  terdapat syarat yang dimana meditasi tersebut boleh dilakukan oleh umat muslim, yaitu meditasi  tersebut dilakukan pada konteks meningkatkan ketaqwaan  dan keimanan pada allah subhanahu wata’ala dan tidak terdapat unsur apapun di dalam melakukan meditasi.

Meditasi juga memiliki arti yang dimana tujuannya untuk mengolah suatu sisi rohani supaya menjadikan orang tersebut  dalam melakukan ibadah menjadi khusyuk.

Meditasi akan bisa menjadi haram kalau di dalam cara meditasinya terdapat rapalan doa atau di dalam kegiatannya menunjukkan untuk selain allah Subhanahu wa ta’ala.  suatu kegiatan yang dimana terdapat tujuannya tidak untuk Allah subhanahu wata’ala tetapi untuk selain allah , maka sangat jelas hukumnya menjadi Haram. Jadi jika kalian merupakan yang suka mengerjakan meditasi , maka mulai dari sekarang meditasilah sesuai dengan syariat islam seperti melakukan shalat dan berdzikir.

Meditasi juga akan tetap haram jika dalam melakukan meditasi seperti ajaran agama lain yaitu ajaran dari agama hindu dan juga budha.  Karena semua bentuk praktik, ritual ataupun ibadah agama lain tidak diperbolehkan untuk diterapkan di dalam agama islam.  berikut hadist menerangkan:

Dari Abu Waqid al Laitsi, beliau berkata:

“Kami keluar bersama Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam ke Hunain dan kami baru saja keluar dari kekafiran. Kaum musyrikin mempunyai pohon yang mereka tinggal di sekitarnya dan mereka menggantungkan senjata-senjata mereka di pohon itu, dinamai Dzatu Anwath.

Maka kami melewati pohon itu, lalu kami katakan, `Wahai Rasulullah, berikanlah untuk kami Dzatu Anwath sebagaimana Dzatu Anwath punya mereka.`

Lalu berkata Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam : “Allahu Akbar, demi Dzat yang jiwaku ada di tanganNya, sungguh kalian telah berkata seperti Bani Israil telah berkata kepada Musa : “… buatlah untuk kami sebuah tuhan (berhala) sebagaimana mereka mempunyai beberapa tuhan (berhala).”

Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“ Siapa yang meniru suatu kaum Maka dia Bagian dari kaum itu… ( HR.Abu Daud 40033)

Kegiatan meditasi memang dikenal yang sering melakukan adalah diluar dari agama islam. padahal di islam ada juga meditasi yang dimana semua jenis meditasi selalu melibatkan segala kegiatan untuk selalu mengingat kepada allah subhanahu wa ta’ala dan memiliki tujuan untuk mensucikan hati dari perasaan. Contoh nya dengan melakukan :

  1.       Taffakur

Taffakur memiliki arti  berpikir dengan sengaja, konstruktif , terarah dan juga positif.kegiatan ini sangatlah penting, sebab di dalam budaya yang sudah modern seperti sekarang ini mendorong seseorang lebih banyak melihat hiburan keduniawian.

 Yang perlu kita lakukan adalah dengan melepaskan diri dari semua belenggu yang membuat kita terikat dengan dunia ini. Bisa juga kita mulai dengan duduk diam selama lima menit selesai melaksanakan sholat fardhu.

  1.       Bersyukur

Seluruh umat muslim pastinya telah mempraktekkan ucapan syukur .  apa yang kita miliki selalu kita ucapkan syukur, mau banyak ataupun sedikit. Perasaan rasa syukur yang kita miliki saat ini  perlu kita perkuat  setiap hari nya. seperti yang allah subhanahu wa ta’ala firmankan:

Artinya:  “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih’.” (QS Ibrahim: 7).

Begitulah penjelasan singkat dari hukum meditasi dalam islam dan dalilnya  semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *