Ingin Mengatur Keuangan? Ini 5 Alternatif Metode Untukmu

Ingin Mengatur Keuangan? Ini 5 Alternatif Metode Untukmu

Ingin Mengatur Keuangan? Ini 5 Alternatif Metode Untukmu, Mengatur keuangan merupakan suatu hal yang benar benar harus diperhatikan dan terutama bagi anda yang  memiliki penghasilan yang serba pas pasan. 

Banyak orang yang kurang pandai mengelola keuangan kerap kali merasa bahwa hasil kerja atau gaji tidak memberikan hasil atau perubahan apapun.

Alternatif Metode Mengatur Keuangan

Nah bagi anda yang mungkin saat ini merasa kesulitan dalam mengatur masalah keuangan, mungkin beberapa tips berikut ini bisa membantu anda dalam mengatasi masalah tersebut.

1. Metode 50/20/30

Metodak 50/20/30 ini adalah sebuah metode yang dipopulerkan oleh Elizabeth Warren. Warren menuliskan metode ini dalam bukunya yang berjudul “All Your Worth: the Ultimate Lifetime Money Plan”.

Secara umum, metode ini menggunakan sistem pembagian penghasilan yang dimana hasil atau gaji yang telah diperoleh akan dibagikan. 50% dari gaji yang diperoleh akan digunakan untuk keperluan atau kebutuhan sehari hari, sementara 30% untuk memenuhi kebutuhan, dan sementara 20% lagi digunakan untuk investasi.

Sebelum pembagian tersebut dilakukan, pastikan bahwa tanggungan atau kewajiban telah dipenuhi seperti misalnya bayar pajak. Mengirim untuk keluarga (bagi yang punya tanggungan) dan kewajiban lainnya.

50% dari pembagian penghasilan yang di kategori kebutuhan seperti makanan, sewa tempat, asuransi dan lain sebagainya, sementara 30% yang dikategorikan sebagai keinginan termasuk dalam tiket liburan, gadget dan lain sebagainya, semenetara 20% investasi ini bisa masuk ke dalam tabungan.

2. Metode Budget Jar

Berbeda dengan metode sebelumnya yang membagi penghasilan atau gaji menjadi 3 bagian. Metode Budget Jar ini akan membagi uang menjadi lebih banyak yaitu menjadi 6 bagian. 

6 bagian yang termasuk ke dalam pembagian meliputi 

  1. Pengeluaran Dasar
  2. Hiburan
  3. Tabungan Jangka Panjang Atau Investasi
  4. Pendidikan
  5. Pengeluaran Besar, Seperti Komputer Atau Gadget Baru
  6. Hadiah

Pembagian tersebut dapat diatur berdasarkan profesi masing masing. Pembagian yang telah disebutkan di atas hanya sebagai contoh saja.

3. Metode Amplop

Berbeda dengan metode sebelumnya, metode amplop ini lebih condong ke kebebasan pengolah dana. Penghasilan atau gaji yang telah anda peroleh dapat dibagikan menjadi beberapa bagian yang berdasarkan keperluan atau kebutuhan anda tiap bulan misalnya seperti uang kebutuhan, uang keinginan, uang investasi dan uang kewajiban.

Dalam hal ini anda harus benar benar konsisten terhadap peraturan yang telah anda buat. Pastikan bahwa uang yang telah anda bagikan tersebut tidak digunakan untuk keperluan di luar rencana misalnya uang investasi digunakan untuk uang keinginan atau yang lainnya.

4. Metode Kakeibo

Kakeibo adalah salah satu pilihan metode mengatur keuangan untukmu. Dilansir dari Refinery29, metode ini cukup simpel. Tiap pemasukanmu cair, kamu tinggal duduk dan menuliskan berbagai hal yang ingin kamu beli, berapa uang yang ingin kamu tabung, dan apa yang harus kamu lakukan agar target keuanganmu tercapai. Dikutip dari CNBC, hal-hal yang sebaiknya kamu pikirkan sambil menulis adalah: apakah kamu benar-benar membutuhkan apa yang ingin kamu beli? apakah kamu memiliki uang untuk membelinya? dan lain-lain Inti dari metode ini adalah menjadi mindful dan benar-benar sadar untuk apa saja uang yang kamu punya digunakan.

Nah itulah beberapa tips dan metode yang dapat coba anda terapkan pada sistem keuangan anda agar nantinya hasil atau uang yang diperoleh dari gaji dapat memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang anda inginkan. Semoga apa yang telah dijelaskan di atas dapat bermanfaat.

Agar uang dan gaji yang anda peroleh dapat bermanfaat dan berkah pastikan bahwa anda tidak lupa untuk menyisihkan sedikit gaji untuk disedekahkan. Dalam rangka memperingati hari kesehatan, kami mengajak anda untuk berdonasi untuk memenuhi kebutuhan kesehatan orang orang yang membutuhkannya seperti fakir, yatim, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *