Inilah Cara Memastikan Makanan Dan Minuman Yang Halal

Inilah Cara Memastikan Makanan Dan Minuman Yang Halal

Inilah Cara Memastikan Makanan Dan Minuman Yang Halal, Sebagai umat muslim sudah seharusnya kita selalu memperhatikan apa yang akan kita minum dan apa yang akan kita makan. Seperti yang diketahui, dalam islam kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang halal dan menjauhi makanan yang haram.

Banyak surat yang menjelaskan kepada kita terkait makanan apa saja termasuk dalam kategori makanan yang haram atau makanan yang dilarang dengan makanan yang halal atau makanan yang diizinkan untuk dikonsumsi, seperti yang tercantum di dalam Al- Qur’an Surat Al- Maidah ayat 3

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ

Artinya

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.”

Cara mudah memastikan makanan dan minuman yang halal

Memastikan makanan yang kita konsumsi apakah halal atau haram sudah menjadi hal yang harus kita lakukan sebelum akan menyantap makanan dan meminum minuman. Berikut ini kami akan berbagai beberapa cara memastikan makanan dan minuman yang halal.

1. Pilihlah bahan makanan dan minuman yang jauh dari unsur haram

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk memastikan makanan dan minuman halal adalah dengan memilih bahan makanan atau minuman yang jauh dari unsur haram. Daging babi yang merupakan salah satu makanan haram memang memiliki karakteristik yang hampir sama dengan daging sapi. Hal tersebut membuat kita cukup sulit untuk membedakannya, apalagi ketika kita berada di tengah tengah orang yang non muslim. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah makanan yang dapat dengan mudah untuk kita bedakan misalnya seperti ayam atau ikan.

Sama halnya dengan minuman, minuman juga mengandung unsur yang haram misalnya seperti alkohol, maka dari itu, sebaiknya pilihlah minuman yang mudah dikenali seperti misalnya air putih dan jus yang sangat jelas jauh dari unsur haram.

2. Biasakan baca komposisi bahan pada kemasan

Sebelum memakan atau mengkonsumsi makanan atau minuman berkemasan, biasakan diri untuk selalu membaca setiap komposisinya. Setiap makanan dan minuman biasanya akan mencantumkan komposisi yang terkandung dalam makanan dan minuman yang dikemas. 

3. Pilihlah tempat makan atau makanan kemasan dengan label halal

Cara yang paling mudah untuk memastikan makanan dan minuman berkemasan yang sifatnya halal adalah dengan mengecek bagian labelnya. Pada makanan dan minuman berkemasan yang halal biasanya akan mencantumkan label halal. Dengan label halal tersebut, sudah dipastikan makanan atau minuman yang tersedia pasti halal. Label halal sendiri tidak sembarang bisa didapatkan oleh restoran atau makanan kemasan. Terdapat beberapa tahapan uji oleh pihak terkait mengenai kehalalan makanan dan minuman tersebut.

Oleh karena itu agar anda semua bisa menyantap makanan yang halal, maka sebaiknya pastikan tempat makan atau makanan kemasan yang konsumsi itu terdapat label halal. 

Nah itulah beberapa cara sederhana untuk memastikan makanan dan minuman yang akan kita santap bersifat halal. Semoga tips yang telah kami bagikan tersebut dapat membantu kita terhindar dari mengkonsumsi makanan yang haram secara tidak sengaja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *