Inilah Pahala dan Keutamaan Memberi Makan Orang Lain

Inilah Pahala dan Keutamaan Memberi Makan Orang Lain

Inilah Pahala dan Keutamaan Memberi Makan Orang Lain

Dalam ajaran Islam, kita dianjurkan untuk saling membantu dan memberi kepada saudara saudara kita yang membutuhkannya.

Dalam kehidupan sosial memberi dan membantu adalah hal yang mempererat hubungan antara pemberi dan penerima, namun di dalam ajaran Islam, memberi adalah salah satu bentuk kebaikan yang akan berbuah pahala.

Ada berbagai hal yang dapat dilakukan untuk memberi dan membantu orang lain yang salah satunya seperti memberi makan kepada orang lain.

Memberi makan kepada ornag lain merupakan suatu hal yang dianjurkan dalam ajaran Islam seperti yang dianjurkan melalui beberapa hadis berikut.

1) Nabi bersabda, “Sesungguhnya orang terbaik diantara kalian adalah orang yang memberi makan”. (HR. Ibnu Sa’ad, Al-Hakim, Ath-Thobroni).

2) Diriwayatkan, bahwa seorang laki-laki bertanya kepada Raslulullah, “Perbuatan apa yang terbaik di dalam agama Islam? Maka Rasul menjawab, Yaitu kamu memberi makan kepada orang lain, dan kamu mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal.” (HR. Bukhari: 12 dan Muslim: 39).

3) Nabi bersabda, “Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.” Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata, “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi menjawab, “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.” (HR. Tirmidzi: 1984).

4) Nabi bersabda, “Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berikan makan, sambunglah silaturrahim, shalatlah di waktu malam ketika orang-orang tertidur, niscaya kalian akan masuk Surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi, ad-Darimi, Ibnu Majah, al-Hakim, Ahmad dan Ibnu Abi Syaibah.

5) Nabi bersabda, “Barangsiapa yang memberi makan kepada seorang mukmin, sehingga dapat mengenyangkannya dari kelaparan, maka Allah akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki oleh orang lain kecuali oleh orang-orang sepertinya.” (HR. Thabrani).

6) Nabi bersabda, “Ada seorang wanita pezina melihat seekor anjing di hari yang panasnya begitu terik. Anjing itu menngelilingi sumur tersebut sambil menjulurkan lidahnya karena kehausan. Lalu wanita itu melepas sepatunya (lalu menimba air dengannya). Ia pun diampuni karena amalannya tersebut.” (HR. Muslim: 2245)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *