Inilah Tips Terhindar dari Penyakit Berbahaya Menurut Islam

Inilah Tips Terhindar dari Penyakit Berbahaya Menurut Islam, Seperti yang diketahui bahwa sekitar 14 Abad yang lalu,  baik melalui ucapan maupun teladan langsung dari Nabi Muhammad SAW menyampaikan untuk kita selalu menjaga kebersihan dengan tujuan agar umat manusia menjadi orang yang sehat dan kuat baik secara jasmani maupun secara rohani. 

Dalam sebuah hadis disebutkan: “Seorang mukmin yang kuat (fisik, mental, jiwa, dan raga) lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada seorang mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan.” (HR Muslim).

Menjaga Kebersihan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Nabi Muhammad SAW telah menegaskan bahwa untuk kita selalu menjaga kebersihan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Menjaga kebersihan tidak hanya sebatas menjaga kebersihan di lingkungan sekitar saja melainkan juga menjaga kelestarian alam dengan cara tidak merusaknya.

Menjaga Kesehatan Rohani

Menjaga kesehatan rohani juga menjadi hal yang dianjurkan di dalam ajaran Islam,  Syekh Nawawi Al-Bantani dalam Kitab Maraqi Al-‘Ubudiyyah menjelaskan, doa juga merupakan salah satu wujud bahwa seorang hamba benar-benar menjalankan perintah Allah SWT. Sebagaimana Allah SWT berfirman di dalam Al Quran surat Al Mukmin ayat 60.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Adapun beberapa doa yang bisa menjadi amalan agar terhindar dan dijauhkan dari wabah penyakit.

  1. Doa Ruqyah

Doa ruqyah bisa digunakan sebagai doa terhindar dari wabah dan penyakit. Rasulullah SAW sendiri membaca salah satu doa menghilangkan penyakit ketika meruqyah sahabatnya.

Arab: امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Latin: Imsahil ba’sa rabban nasi. Bi yadikas syifa’u. Lā kasyifa lahu illa anta.

Artinya: Tuhan manusia, sapu lah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau.

  1. Doa Ketika Sedang Sakit

Saat ini penyakit sedang menyebar di mana-mana. Maka, ketika tubuh telah terserang sakit, ada doa yang bisa dibaca, seperti di bawah ini

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Latin: Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. Lā syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya: Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkan lah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *