Jenis Investasi yang Diperbolehkan dalam Islam

Jenis Investasi yang Diperbolehkan dalam Islam

Jenis Investasi yang Diperbolehkan dalam Islam. Sebagai umat muslim, apakah anda sudah tau investasi apa saja yang direkomendasikan dalam Islam yang sesuai dengan Al Quran dan Hadis.? Sebagai umat muslim, pastinya anda tidak ingin melakukan investasi yang mengandung unsur terlarang dalam Islam. 

Berinvestasi kini layaknya kebutuhan utama bagi banyak orang. Selain untuk memanfaatkan pendapatan, langkah ini juga dilakukan untuk menyelamatkan masa depan. Namun sayangnya, saat ini ada banyak pilihan investasi yang cukup meragukan terutama karena tak sesuai dengan aturan dalam Islam. Maka dari itu, sebagai umat muslim, kita harus cermat dalam memilih investasi yang akan kita gunakan, agar nantinya segala keuntungan yang kita peroleh menjadi berkah.

Jenis Investasi yang Diperbolehkan dalam Islam

Agar anda tidak salah dalam menentukan investasi yang baik, berikut ini kami akan berbagi beberapa info terkait investasi yang direkomendasikan Islam dan telah sesuai dengan panduan Alquran dan Alhadis.

1. Berniaga atau Berdagang

Jenis investasi pertama yang direkomendasikan dalam Islam adalah berdagang. Sejak zaman Nabi, berdagang adalah salah satu cara yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Pada zaman itu, beliau  dikenal sebagai sosok pedagang yang cerdas dan jujur, sehingga tidak heran jika banyak orang yang mempercayakan urusan perniagaan kepada beliau dikarenakan kredibilitasnya tersebut.

Segala karakter dan kunci sukses berdagang ada dalam diri Rasulullah SAW dan beliaulah sebaik-baiknya contoh seperti yang termaktub dalam QS Al Ahzab ayat 21.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ

  1. Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.

2. Beternak Hewan

Beternak juga menjadi bentuk investasi yang dianjurkan di dalam Islam yang sesuai dengan Al Quran dan hadis.  Bukan tanpa alasan jika beternak hewan menjadi jenis investasi yang sangat diandalkan. Apalagi jika beternak telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, selain dikenal sebagai pedagang ternyata beliau juga dikenal sebagai peternak yang andal.

3. Jenis Investasi Sewa Lahan

Jika anda pernah mendengar riawayat hidup tentang Nabi Muhammad SAW, tentu anda pasti pernah mendengar bahwa beliau juga pernah menyewakan lahan untuk digarap oleh bangsa Yahudi dengan kesepakatan bagi hasil.

Dalam kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW, terlihat jelas bahwa investasi sewa lahan merupakan investasi yang juga dianjurkan dalam ajaran Islam, sehingga anda tidak perlu khawatir jika akan menjalankan investasi yang satu ini.

4. Bisnis Properti

Praktik sewa lahan juga pada prinsipnya bisa berlaku untuk jenis properti lainnya. Pasalnya, lahan berupa tanah juga bagian dari properti sehingga hal ini bisa jadi jenis investasi yang cukup diandalkan juga.

Jadi, apabila anda memiliki bangunan, rumah atau toko yang mungkin tidak terpakai, anda bisa menyewakan kepada orang lain agar lebih bermanfaat dibandingkan terbengkalai. Sistemnya bisa mengikuti sistem mudharabah (bagi hasil) atau bisa juga dengan sistem yang disepakati oleh kedua belah pihak.

5. Jenis Investasi Emas

Sebelum ilmu investasi menjadi modern, rekomendasi emas sebagai investasi unggulan. Islam telah terlebih dahulu mengetahui hal ini. Sejak zaman dahulu, emas telah menjadi alat utama dalam perdagangan dan bahkan sempat menjadi alat tukar yang sangat berharga.

Emas mempunyai nilai investasi yang sangat tinggi karena instrumen ini kebal terhadap inflasi. Namun, sebaiknya menabung emas dilakukan dalam jangka panjang agar hasilnya jauh lebih terasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *