Kesehatan Dalam Pandangan Islam

Kesehatan Dalam Pandangan Islam

Manusia sering sekali melupakan nikmatnya kesehatan. Sehat merupakan kondisi  fisik  dan semua fungsi  di dalam tubuh dalam keadaan sehat. Disaat kita dalam kondisi sakit  doa yang paling utama kita minta kepada allah subhanahu wa ta’ala Kesembuhan dan juga  supaya cepat sehat . jika kita sudah sembuh  setelah sakit , itu adalah anugerah yang  terbaik  yang allah ta’ ala berikan  kepada manusia.

Kesehatan adalah suatu yang paling berharga , dan kita sebagai hamba allah harusnya selalu bersyukur  dengan kesehatan yang dimilikinya  dan tidak memiliki sikap kufur.  Nabi shallallahu alaihi wasallam  Bersabda:

““Ada dua anugerah yang karenanya banyak manusia tertipu, yaitu kesehatan yang baik dan waktu luang.” (HR. Bukhari)

Dari abu darda berkata ,  “Ya Rasulullah, jika saya sembuh da­ri sakit saya dan bersyukur karenanya, apakah itu lebih baik daripada saya sakit dan menanggungnya dengan sabar? ” Nabi shallallahu alaihi wasallam  menjawab, “Sesungguhnya Rasul mencintai kesehatan sama seperti engkau juga menyayanginya.”

 Sehat Lebih Baik Dari Kaya

Manusia sering sekali merasa susah disaat kekurangan harta atau  memiliki hutang yang membuat pikiran dan tidur pun tidak nyenyak.   Tetapi kurangnya manusia menyadari  kalau  masih diberi kesehatan  , masih mampu beraktivitas .  dan kita juga masih bisa semangat untuk menjalankan ibadah . kita juga perlu mengetahui kalau nikmat sehat merupakan nikmat yang lebih baik dari nikmat kaya

Nabi Shallallahu ‘ alaihi Wa sallam Bersabda,

“Tidak mengapa seseorang itu kaya asalkan bertakwa. Sehat bagi orang yang bertakwa itu lebih baik dari kaya. Dan hati yang bahagia adalah bagian dari nikmat.” (HR. Ibnu Majah no. 2141 dan Ahmad 4/69, shahih kata Syaikh Al Albani)

Orang Kaya Yang Bertaqwa

Dijelaskan  oleh As suyuthi  rahimahullah kalau orang kaya tetapi tidak  bertaqwa kepada allah ta’ ala maka akan binasa sebab ia akan selalu mengumpulkan harta yang bukan menjadi haknya dan akan serta menempatkan harta tersebut   bukan pada tempatnya.  Kalau orang tersebut bertaqwa kepada allah ta’ala maka tidak  memiliki kekhawatiran seperti tadi,  bahkan yang datang adalah kebaikan .

Terdapat hadits dari jabir bin ‘ Abdillah , Nabi Shallallahu ‘ alaihi wa sallam bersabda,

“Wahai umat manusia, bertakwalah engkau kepada Allah, dan tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki, karena sesungguhnya tidaklah seorang hamba akan mati, hingga ia benar-benar telah mengenyam seluruh rezekinya, walaupun terlambat datangnya. Maka bertakwalah kepada Allah, dan tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki. Tempuhlah jalan-jalan mencari rezeki yang halal dan tinggalkan yang haram.” (HR. Ibnu Majah no. 2144, dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani).

Sehat Bagi Yang Bertakwa

Walaupun diberikan harta yang pas-pasan , tetapi kita tetap selalu bersyukur kepada allah  karena masih diberi Kesehatan. Selalu rajinlah untuk bersyukur  dengan selalu senang melakukan  ketaatan dan ibadah  yang wajib, maka allah akan selalu memberi kenikmatan yang lainnya. Selalu bersyukur dengan nikmat sehat sebelum datang sakit.  Nabi Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara: waktu mudamu sebelum masa tuamu, waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu, waktu kayamu sebelum waktu fakirmu, waktu luangmu sebelum waktu sibukmu, dan waktu hidupmu sebelum matimu.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak, 4/341, dari Ibnu ‘Abbas. Hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari-Muslim)

Doa Agar Tetap Diberi Kesehatan

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, dia berkata, “Di antara doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah:

“ALLOOHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MIN ZAWAALI NI’MATIK, WA TAHAWWULI ‘AAFIYATIK, WA FUJAA’ATI NIQMATIK, WA JAMII’I SAKHOTHIK ”

Artinya : [Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu]. (HR. Muslim no. 2739).

 Wallahu waliyyut taufiq. Semoga Allah senantiasa memberi kita kemudahan untuk taat padanya dan menjauhi maksiat, serta moga kita terus diberi nikmat sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *