Keutamaan Bulan Muharram Menurut Islam

Keutamaan Bulan Muharram Menurut Islam

Keutamaan Bulan Muharram Menurut Islam.   Dalam satu tahun jumlah bulannya 12 . dan diantara bulan –bulan tersebut terdapat empat bulan yang memiliki keistimewaan atau bulan yang disucikan yaitu. Dzulqa’dah, Dzulhijjah, muharram dan juga rajab. Tentunya ada alasan kenapa empat bulan yang sudah disebutkan merupakan bulan yang suci.

Allah subhanahu wa ta’ala  Berfirman di dalam Surat At- Taubah ayat 36 yang artinya

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

Rasulullah  shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana bentuknya semula di waktu Allah menciptakan langit dan bumi. Setahun itu ada dua belas bulan diantaranya terdapat empat bulan yang dihormati : 3 bulan berturut-turut; Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram serta satu bulan yang terpisah yaitu Rajab Mudhar, yang terdapat diantara bulan Jumada Akhiroh dan Sya’ban.” (HR. Bukhari  dan Muslim)

Bulan Muharram memiliki keutamaan yang dimana bulan ini memiliki keberkahan dan diagungkan .  dan pada bulan ini sangat dianjurkan untuk mengerjakan ibadah puasa sunnah . berikut beberapa keutamaan bulan Muharram menurut islam

  1.   Bulan yang disucikan

Muharram merupakan bulan yang termasuk di dalam empat bulan yang disucikan  oleh umat  islam , karena pada bulan ini Allah Mengharamkan bagi umat Islam untuk melaksanakan kezaliman atau perbuatan –perbuatan yang  Allh Subhanahu wata’ala  melarangnya contohnya berperang  atau membunuh.

Qatadah bin Di’amah Sadusi Rahimahullah  seorang ahli tafsir pernah berkata

“Amal sholeh lebih besar pahalanya jika dikerjakan di bulan-bulan haram sebagaimana kezaliman di bulan-bulan haram lebih besar dosanya dibandingkan dengan kezaliman yang dikerjakan di bulan-bulan lain meskipun secara umum kezaliman adalah dosa yang besar”.

  1.   Muharram termasuk Bulan allah (Syahrullah)

Al Hafizh Abul Fadhl Al ‘Iraqi rahimahullah menerangkan bahwa pemberian nama syahrullah kemungkinan dikarenakan pada bulan tersebut Allah telah mengharamkan terjadinya peperangan. Selain itu, muharram merupakan bulan yang pertama dalam penanggalan islam, oleh karena itulah disandarkan

Selain Syahrullah, Muharram juga sering disebut sebagai Syahrullah Al Asham (Bulan Allah yang Sunyi) karena bulan ini dianggap sebagai bulan yang sangat dihormati sehingga tidak diperbolehkan terjadi konflik maupun riak di bulan tersebut.

Dengan mengetahui keutamaan  di bulan muharram seperti yang dijelaskan diatas  maka seorang muslim dianjurkan untuk memperbanyak  melakukan amalan-amalan yang baik pada bulan muharram. seperti yang dikatakan ahli tafsir Qatadah  kalau allah subhanahu wata’ala  akan melipatgandakan pahala bagi orang-orang yang mengerjakan amalan soleh di bulan muharram  dan salah satu amalan sholeh yang paling afdhal dikerjakan adalah berpuasa.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam  Bersabda:

“Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah (yaitu) Muharram dan shalat yang paling utama setelah puasa wajib adalah shalat lail.” (HR. Muslim)

Dari Aisyah Radhiyallahu Anhu berkata :

“Aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, berupaya keras untuk puasa pada suatu hari melebihi yang lainnya kecuali pada hari ini, yaitu hari ‘Asyura dan bulan ini yaitu Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *