Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Muharram

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Muharram

Keutamaan dan keistimewaan Bulan Muharram. Muharram merupakan bulan pertama dalam tahun Hijriah dan termasuk salah satu bulan yang dimuliakan dalam Islam. Sebab, bulan Muharram termasuk dalam empat bulan haram (al asyhurul hurum) dalam Islam.

Hal ini bahkan tercantum dalam QS. At-Taubah ayat 36 yang artinya:

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan empat bulan haram dari 12 bulan yang ada berupa keistimewaan dan kemuliaan. Perbuatan baik, seperti memperbanyak shalat sunnah, berdzikir, bersedekah, dan lain sebagainya, yang dikerjakan pada empat bulan haram tersebut akan dilipatgandakan balasannya oleh Allah Subhanahu wata’ala.

Oleh karena itu di empat bulan haram ini , umat manusia dilarang untuk melakukan perbuatan haram. Seperti Maksiat, sebab balasannya akan dilipat gandakan.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam  Menyebutkan empat Bulan Haram ini melalui Hadits  yang bunyinya:

“Sesungguhnya zaman berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan: Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadi Tsani dan Sya’ban.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Amalan yang paling baik  untuk dikerjakan di bulan muharram ini adalah memperbanyak puasa . Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam   Menyebutkan kalau seaik-baiknya waktu untuk melakukan puasa di luar bulan Ramadhan adalah di bulan Muharram.

“Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim)

Berikut rangkuman keistimewaan dan keutamaan bulan muharram dari berbagai sumber terpercaya:

  1.       Bulan Muharram merupakan bulan Allah SWT

“Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah (yaitu) Muharram. Sedangkan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.” (HR Muslim)

  1. Bisa melakukan ibadah puasa sunah Asyura

“Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim)

  1. Sangat Baik untuk memperbanyak sedekah

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 215 yang artinya:

“Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan”. Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.”

  1. Meningkatkan ibadah shalat wajib dan sunnah

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 3 yang artinya:

“(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.”

  1. Sangat Baik untuk menjenguk orang sakit

“Apabila seseorang menjenguk saudaranya orang  muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *