Keutamaan Memberikan Makan Sahur Orang Lain

Keutamaan Memberikan Makan Sahur Orang Lain

Keutamaan Memberikan Makan Sahur Orang Lain, Memberi makan orang sahur ternyata dapat menjadi sumber dari datangnya pahala. Ada Banyak keutamaan yang akan didapatkan bagi orang orang yang memberikan makan sahur orang lain yang diantaranya seperti

  1. Banyak Keberkahan dan Pahala

Seperti yang pernah diterangkan oleh Nabi Muhammad SAW bahwa di waktu sahur ada banyak keberkahan dan pahala. Hal tersebut dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan dari Anas bin Malik.

“Sahurlah karena di sana terdapat keberkahan,” (HR Bukhari: 1923).

  1. Makan Sahur Lebih Utama daripada Makan Berbuka Puasa

“Sesungguhnya Allah dan para malaikatnya bersholawat, (Allah mencurahkan rahmatnya dan para malaikat mendoakan) atas orang yang bersahur,” Hadist Riwayat Ibnu Hibban (3467).

Keutamaan ini tentunya juga didapatkan oleh orang yang memberikan makanan sahur untuk orang lain. Sebagaimana yang telah dijelasnya di atas.

  1. Bukan Berarti Memberi Makan Berbuka tidak Dapat Pahala

Hadist di atas menjelaskan tentang keutamaan seseorang memberikan makan sahur untuk orang lain. Namun, bukan berarti memberikan makan berbuka tidak mendapat pahala. Jelas, amalan tersebut juga mendapat banyak pahala.

Apalagi orang yang diberikan dalam kondisi haus dan lapar. Pahala tersebut juga didapat oleh orang yang memberi makanan sahur, bahkan lebih utama karena makanan sahur bertujuan untuk menguatkan orang yang berpuasa.

Sedangkan tujuan makanan berbuka adalah untuk menandai berakhirnya puasanya. Selain itu juga menguatkan orang berpuasa untuk beribadah pada malam harinya. Kamu tetap bisa bersedekah dengan memberi makanan buka puasa dan bisa mengimangi dengan memberi makan sahur.

  1. Diterangkan Lewat Syarah Sunan Tirmidzi

Hal tersebut juga pernah dijelaskan dalam sebuah ucapan Syaikh Muhammad Al-Mukhtar Asy-Syinqithiu Hafidzhahullah dalam Syarah Sunan Tirmidzi.

“Diantara yang saya ingatkan adalah bahwasannya banyak orang yang sangat memperhatikan pemberian makanan berbuka, ini pasti memiliki keutamaan besar. Akan tetapi bagaimana menurutmu tentang keutamaan makanan yang bisa membuat orang terbantu puasanya, yaitu memberikan makan sahur,”.

  1. Bisa Membantu Keluarga Kurang Mampu

Keutamaan dari memberi makan sahur kepada orang lain di era new normal seperti saat ini dapat membantu keluarga yang kurang mampu dan terdampak pada pandemi.

Dengan memberi makan sahur kepada orang yang membutuhkan tentu kita akan mendapatkan banyak pahala, baik dari kebaikan yang telah kita perbuat dan dari doa yang diberikan penerima kepada kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *