Kisah Burung Hantu Dalam Islam

Kisah Burung Hantu Dalam Islam

Kisah burung hantu dalam islam  Kita pastinya  tidak asing dengan burung hantu yang memiliki mata yang tajam dan juga terlihat menyeramkan . adapun cerita kisah tentang burung hantu dalam islam.

Mitos di masyarakat burung hantu  merupakan burung yang menyeramkan . padahal burung hantu bisa kita pelihara .  jaman dahulu banyak sekali takhayul dari burung hantu dan sampai saat ini masih banyak masyarakat yang mempercayai nya, dan burung hantu selalu dikaitkan dengan nasib buruk,kematian dan lainnya.

Berikut ini ada beberapa kisah burung  hantu yang ada di dalam sejarah  atau cerita islam

  1.       Saat itu Nasrudin lagi mengembara  dan ia singgah di ibu  kota. Dan disana  terdapat kabar yang tidak jelas dari mana  kalau Nasrudin telah mempunyai keahlian menguasai bahasa burung-burung. Dan kebetulan raja sendiri mendengar kabar tersebut.  Dan raja memanggil Nasrudin untuk datang ke istana.  Maka datanglah Nasrudin karena adanya kabar tentang dirinya tersebut.

Waktu itu kebetulan terdapat seekor burung hantu yang selalu berteriak di dekat istana.  Dan raja bertanya  kepada nasrudin , “  Coba katakan, apa yang diucapkan burung hantu itu !” “ Ia mengatakan ,”  Kata Nasrudin, “  Jika raja tidak berhenti menyengsarakan rakyat, maka kerajaan akan segera runtuh seperti sarangnya.”

Nasrudin menyindir  kepada  sang raja. Telah diketahui begitu banyak sangkar burung yang telah dirusak oleh manusia. Dan ternyata sindiran tersebut cocok untuk sang raja yang suka berkuasa, bisa saja tahta nya rusak seperti sangkar burung

  1.       Kisah Nabi Muhammad Dengan Burung Hantu

Tidak ada kisah mengenai cerita nabi Muhammad dengan burung hantu . tetapi untuk burung secara umum  nabi pernah bersabda, kalau manusia sebaiknya berperilaku baik kepada sesama makhluk hidup.

Dari sahabat Abu hurairah ia bertanya: Ya rasulullah! Apakah ada hadiah untuk kita dalam melayani binatang? Dia menjawab: “ ya , ada hadiah untuk melayani binatang hidup (makhluk Hidup)

  1.       Burung hantu Banyak Mitosnya

Berikut beberapa mitos tentang burung hantu:

          Burung hantu merupakan  suatu lambang dari kematian

          Burung hantu adalah pemanggil roh dan pertanda adanya hantu

          Burung hantu adalah pertanda sebagai pengirim berita duka

          Burung hantu mencuri keberkahan di dalam rumah

Mitos yang disebutkan diatas sampai saat ini tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, maka dari itu masih dikatakan mitos.  Diluar sana masih ada yang mempercayainya dan ada juga yang hanya sebagai cerita turun temurun. Terus bagaimana cara kita menanggapi mitos tersebut?

Islam selalu mengutamakan kebenaran . dan islam selalu menggunakan rujukan dari alquran dan hadits yang sebagai tolak ukur  kebenaran.  Islam sangata melarang suatu perkataan yang dimana tidak memiliki dasar karena bisa menimbulkan fitnah atau dusta.

Khurafat  adalah  cara pola berpikir yang menyimpang karena tidak ada dasar pembuktianya. Yang dimaksud dengan mitos atau takhayul  adalah cerita-cerita bohong tentang suatu hal seperti asal usul tempat, alam, manusia dan sebagainya yang mengandung arti mendalam dan diungkapkan dengan cara gaib. Termasuk juga mitos burung hantu dalam islam. Jadi, kita tidak usah mempercayai mitos mengenai burung hantu.

Di dalam alquran allah ta’ ala banyak memberikan ancaman untuk orang yang memiliki keyakinan dusta tentang allah . salah satunya allah berfirman:

“barangsiapa mengada-adakan dusta terhadap Allah sesudah itu, maka merekalah orang-orang yang zalim. (QS. an-Nisa: 94).

“Lihatlah bagaimana mereka berbuat dusta atas nama Allah. dan cukuplah itu sebagai perbuatan dosa yang nyata. (QS. an-Nisa: 50).

“Katakanlah, sesungguhnya orang-orang yang berdusta atas nama Allah, dia tidak akan beruntung. (QS. Yunus: 69).

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *