Kriteria Makanan Halal Menurut Islam

Kriteria Makanan Halal Menurut Islam

Kriteria Makanan Halal Menurut Islam, Makanan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap umat muslim, mengingat dalam ajaran Islam, tidak semua jenis makanan boleh dikonsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang diperbolehkan (halal) dan ada pula beberapa jenis makanan yang tidak diperbolehkan (haram).

Agar anda tidak salah dalam memilih makanan sebaiknya kenali kriteria makanan yang halal menurut Islam. Bagaimana kriterianya.? Simak penjelasan berikut ini.

  1. Halal Zat Yang Terkandung di Dalamnya

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi makanan adalah zat yang terkandung di dalam makanan tersebut. Makanan yang hendak dikonsumsi sebaiknya dibuat dari hewan dan tumbuhan yang hukumnya halal untuk dimakan. Pada umumnya, bahan pangan yang diharamkan dalam Islam adalah daging babi, daging anjing, hewan bertaring, dan beberapa hewan lain yang dilarang untuk dikonsumsi.

Jika makanan tersbeut terbuat dari bahan bahan yang tidak diharamkan dalam Islam, maka makanan tersbuet boleh untuk dikonsumsi dan begitu sebaliknya, jika makanan tersebut mengandung bahan yang tidak diperbolehkan (haram) maka janganlah memakannya.

  1. Diperoleh Dengan Cara yang Halal

Setelah makanan tersebut sudah dipastikan terbuat dari bahan yang halal, maka selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah cara mendapatkan makanan tersebut, sebab meskipun makanan terbuat dari bahan yang halal, namun jika cara memperolehnya dengan cara yang salah maka makanan tersebut bisa haram hukumnya bila dikonsumsi.

Sebagai contoh makanan dengan cara memperolehnya yang salah (haram), makanan yang diperoleh dengan mencuri, makanan yang diperoleh dari hasil riba, makanan yang diproleh dari hasil korupsi dan lain sebagainya.

  1. Diproses dengan Cara yang Halal

Makanan yang hendak dikonsumsi sebaiknya diproses dengan cara yang benar (halal). Dalam proses penyajian, sebaiknya makanan tidak tercampur dengan apapun yang bersifat haram, misalnya seperti menggunakan alat masak yang sama dengan alat masak yang digunakan untuk menyajikan makanan yang haram. Makanan yang dibuat dengan cara tersebut dapat dikategorikan sebagai makanan yang haram.

  1. Disajikan dan Disimpan dengan Cara yang Halal

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah cara penyajiannya dan penyimpanan. Meskipun terdengar sepele, namun salah dalam menyajikan makanan dapat merubah makanan yang halal menjadi haram, misalnya seperti menggunakan alat masak yang terbuat dari emas.

Itulah kriteria makanan halal menurut Islam. Adanya kriteria ini bukanlah sebagai bentuk pembatasan dan kesulitan bagi seorang hamba. Justru sebaliknya, Islam sangat memperhatikan segala sesuatu dalam hidup penganutnya. Termasuk mengenai apa yang masuk dan dikonsumsi oleh umat Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *