Kurma Ajwa Si Kurma Nabi, Punya Aneka Khasiat

Kurma Ajwa Si Kurma Nabi, Punya Aneka Khasiat

Kurma ajwa si Kurma Nabi, Punya aneka khasiat. Adapun hadist yang mengatakan tentang kurma ajwa, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa sallam bersabda:

Artinya : “ Barangsiapa setiap pagi mengkonsumsi tujuh butir kurma ‘Ajwah, maka pada hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir.” ( HR. Bukhari no.5445 dan Muslim no.2047)

 Buah kurma selalu menjadi oleh-oleh para jemaah haji indonesia setelah mereka melakukan ibadah haji di tanah suci mekah. Bukan hanya selesai melakukan ibadah haji saja, tetapi setelah mengerjakan ibadah umroh pun sering juga dijadikan oleh-oleh.  Kurma yang paling di nanti itu adalah kurma ajwa, yang sering juga disebut dengan kurma nabi yang paling banyak dicari dan jemaah indonesia memiliki antusiasme sangat tinggi dalam mencari kurma nabi ini .

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   pernah menanam kurma  di lokasi di tanah yang bersebelahan dengan masjid Quba. Karena rasulullah shallallahu alaihi wasallam   yang menanam kurma tersebut maka sejak saat itu Kurma ajwa sangat identik dengan nama kurma nabi.

Adapun manfaat yang dimiliki kurma ajwa untuk kesehatan , yaitu mengandung vitamin A , kalsium dan juga zat besi. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam selalu rutin memakan buah kurma disaat berbuka puasa. Perlu juga kita mengetahui nama Ajwa  dipakai dari nama seorang anak dari Salman Al Farisi, beliau seorang nasrani yang masuk islam. dan beliau mewakafkan lahan kurma untuk perjuangan Islam.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  memberikan nama kurma yang beliau makan disaat berbuka puasa dengan namanya Kurma Ajwa yang sama dengan kurma nabi , dengan tujuan untuk mengenang jasa jasa  dari  Salman Al Farisi.

Untuk para istri yang sedang mengandung Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   menyarankan untuk selalu memakan buah kurma dengan tujuan nya supaya anak yang nantinya lahir kelak menjadi anak penyabar, bersopan santun serta cerdas.disaat ibu dari nabi isa yaitu Maryam akan melahirkan ia  memakan buah kurma ajwa.

Buah kurma ajwa mempunyai tekstur yang halus ketika dimakan dan kurma jenis ini paling disukai oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  .

Disebutkan oleh seorang ahli dari bidang kedokteran kandungan zat besi dan juga kalsium yang terdapat di dalam buah kurma  adalah sangat berguna sebagai pembentukan dan menambah kandungan air susu ibu. Dan juga dapat membantu pertumbuhan pada anak-anak dan sumsum tulangnya akan berkembang dengan baik.

Buah kurma ajwa terdapat kandungan vitamin A,B6,C,E dan K. ada juga mineral seperti kalsium, potasium, magnesium, fosfor, yodium, zat besi, zink, tembaga, mangan dan selenium.

Manfaat lain dari kurma ajwa sebagai berikut

Memperlancar saluran pencernaan.

Kandungan serat dalam buah kurma ajwa bisa membantu membersihkan sistem pencernaan, yang membuat usus besar bekerja dengan baik

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat juga bisa menjaga dan merawat kesehatan jantung 

Bisa menurunkan tekanan darah

Kandungan magnesium yang berada di dalam kurma ajwa , bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah

Kesehatan  otak

Kandungan vitamin B6 yang begitu melimpah di dalam kurma ajwa sangat bermanfaat untuk otak . ada sebuah penelitian yang dimana ditunjukkan kalau vitamin B6 bisa membantu kerja otak. 

Kesehatan dan kekuatan  tulang 

Kandungan mineral di dalam kurma ajwa bisa membantu untuk menguatkan tulang dan melawan rasa sakit yang diakibatkan osteoporosis.

Selain manfaat yang telah disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak sekali manfaat kesehatan jika mengkonsumsi kurma ajwa. Contohnya bagus untuk penderita anemia, menambah kesehatan pada sistem saraf, dan juga untuk wanita yang sedang hamil rutin mengkonsumsi kurma bisa memperlancar persalinan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *