Kutipan Al-Qur’an yang Mengajarkan Berbuat Baik kepada Sesama

Kutipan Al-Qur’an yang Mengajarkan Berbuat Baik kepada Sesama

Kutipan Al-Qur’an yang Mengajarkan Berbuat Baik kepada Sesama, Pernahkah anda mendengar ajakan untuk berbuat baik.? Entah itu berasal dari orang tua, guru, atau pemuka Agama. Apakah pernah terlintas dipikiran anda, mengapa kita harus berbuat baik.? Apa manfaat dari berbuat baik.? Apakah kita akan memperoleh keuntungan dari berbuat baik.? 

Kutipan Al-Qur’an yang Mengajarkan Berbuat Baik kepada Sesama

Mengingat di dalam Al Quran, ajakan untuk berbuat baik kepada sesama itu lebih dari sekedar upaya mendapatkan pahala maupun balasan. Ayo kita simak, beberapa kutipan Al Quran yang mengajarkan kita untuk giat berbuat kebaikan dengan hati yang tulus.

1. Allah akan selalu mencintai orang-orang yang berbuat baik

Selain senantiasa semangat dalam menuntun ilmu serta taat beribadah, berbuat kebaikan juga menjadi hal yang sangat Allah cintai.

وَاَنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا تُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَاَحْسِنُوْا ۛ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ

Terjemahan

Dan infakkanlah (hartamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuat baiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

2. Orang yang berbuat baik sudah tentu dibalas dengan kebaikan pula

Hilangkan rasa ragu dalam dirimu untuk menebar kebaikan sebab Allah telah menjamin balasan berupa kebaikan juga bagi yang melakukannya.

هَلْ جَزَاۤءُ الْاِحْسَانِ اِلَّا الْاِحْسَانُۚ

Artinya : Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan (pula).

Dalam ayat ini Allah mengungkapkan bahwa tidak ada ganjaran bagi perbuatan yang baik kecuali kebaikan pula. 

Dalam ayat lain yang sama maksudnya Allah berfirman:

Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya (kenikmatan melihat Allah). Dan wajah mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) dalam kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, merek a kekal di dalamnya. (Yunus/10: 26)

Sehubungan dengan ayat 60 ini Ibnu Abi hatim

Dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah membaca ayat (yang artinya), “Tidak ada balasan kebaikan selain kebaikan,” kemudian beliau bertanya, “Apakah yang kalian ketahui dari firman Tuhan tersebut?” Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Nabi menjawab, “Allah berfirman, ‘Tidak ada balasan kebaikan bagi mereka yang Kuberi nikmat dengan mengesakan (Aku) kecuali surga.” (Riwayat Ibnu Abi hatim, Ibnu Mardawaih, dan al-Baihaqi)

3. Allah akan membalas kebaikan yang kamu lakukan meski sekecil apa pun

Memang tidak bisa dianggap remeh, kebaikan sekecil apapun yang diumpamakan sebesar biji dzarrah juga tetap mendapat balasan pahala sesuai yang dia perbuat.

Perumpamaan Biji dzarrah di sini intinya bukan menunjukkan makna benda, tetapi lebih kepada suatu hal yang dianggap sangat kecil dan remeh sesuai pemahaman manusia.

Surah Al zalzalah ayat ke 7

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ

Artinya: Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

Surah Al zalzalah ayat 8

وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ

Artinya: Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

Kandungan ayat al zalzalah ayat 7 dan 8

Kedua ayat tersebut menjelaskan bahwasannya pada hari kiamat kelak Allah akan membalas semua perbuatan kita. Semua perbuatan baik itu kebaikan atau kejahatan akan ada balasannya, walaupun perbuatan itu hanya sebesar zarrah. Menurut tafsir quraish shihab zukuran zarrah itu adalah seukuran butir debu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *