Mengenal Jenis Investasi Yang Dilarang Dalam Islam

Mengenal Jenis Investasi Yang Dilarang Dalam Islam

Mengenal jenis Investasi yang dilarang dalam islam sebelum kita membahas jenis investasi yang dilarang oleh islam. kita perlu mengetahui apa itu investasi?  Menurut kamus bahasa indonesia (KBBI) investasi adalah penanaman modal atau uang dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Orang yang melakukan investasi disebut dengan investor atau penanam modal.

Umumnya seseorang yang melakukan investasi memiliki tujuan mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut hanya dengan menanamkan modal dan tidak bekerja apapun tetapi uang nya bisa bertambah.

Setelah kita mengetahui apa itu investasi , sekarang kita akan membahas  jenis investasi yang dilarang dalam islam, investasi yang dilarang dalam islam, investasi yang diman investasi tersebut   menzalimi orang lain. Dan tidak sesuai dengan syariah islam dan ada beberapa skema investasi yang dilarang oleh islam yang dimana metode  ini sudah jelas menzalimi orang lain dan juga termasuk di dalam penipuan

Bentuk investasi yang menipu dan juga menzalimi orang lain

  1.       SKEMA PONZI

Di dalam skema ini  seorang investor   akan diberikan pendapatan penghasilan dengan cepat dan berlipat (quick and rich scheme)  dari jumlah uang yang telah diinvestasikan . tetapi perlu diketahui kalau imbalan tersebut dihasilkan  dari para investor yang lain, yang tujuannya juga berinvestasi.

  1.       SKEMA PIRAMIDA

Skema piramida ini hampir sama persis seperti skema ponzi . hasil keuntungan dari investasi tersebut didapatkan dari setoran dari seorang investor yang lain.  Tetapi di dalam skema piramida ini seorang investor diharuskan untuk menjadi pemain yang aktif dengan tujuan mencari investor yang lain. Dengan demikian jika investor tersebut tidak mendapatkan investor lain maka ia tidak akan mendapatkan keuntungan apa-apa.

  1.       INVENTORY LOADING

Di dalam sistem ini terdapat produk atau sebuah jasa yang akan diberikan  yang dimana akan menjadi seolah-olah pemasaran  yang berjenjang.   Perlu Diketahui kalau produk yang ditawarkan tidak hanya berupa barang seperti koin emas atau berlian , tetapi juga berupa jasa pelatihan atau konsultasi yang nilainya jauh lebih kecil dari investasi yang harus dikeluarkan.

Berikut penjelasan Haramnya Bisnis Ponzi

Sifat bisnis dalam skema ponzi terdapat penipuan dan juga menzalimi orang lain.

Menipu dan membohongi orang lain diharamkan berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘ alaihi wa sallam.

“ Barangsiapa yang menipu, maka ia tidak termasuk golongan kami. Orang yang berbuat makar dan pengelabuan, tempatnya di neraka” (HR. Ibnu Hibban 2: 326. Hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani dalam Ash Shahihah no. 1058).

Menzalimi harta orang lain tidak boleh karena hadits ini:

“Sesungguhnya darah, harta, kehormatan di antara kalian itu haram sebagaimana haramnya hari kalian ini, bulan kalian ini, dan negeri kalian ini.” (HR. Bukhari, no. 67 dan Muslim, no. 1679)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al- Utsaimin rahimahullah berkata:

“Sesungguhnya hukum asal dalam muamalah adalah halal dan sah selama tidak ada dalil yang menunjukkan diharamkan dan menunjukkan rusaknya.” (Syarh Al-Mumti’, 9:120)

dan beliau melanjutkan :

“Selama dalam akad tidak terdapat unsur kezaliman, gharar (ada unsur ketidakjelasan), dan riba, maka akad tersebut sah.” (Syarh Al-Mumti’, 9:120)

Dengan penjelasan diatas maka investasi tersebut terdapat jenis jenis investasi yang dilarang di dalam islam yaitu

  1.       Investasi yang  mengandung Riba
  2.       Investasi yang mengandung Gharar
  3.       Investasi yang penuh Dengan Spekulasi
  4.       Investasi yang terdapat unsur kecurangan

Demikian penjelasan tentang jenis investasi yang dilarang di dalam islam , pada intinya islam tidak melarang untuk berinvestasi  malahan dianjurkan untuk umat islam  melakukan investasi. Yang dimana investasinya selalu berpedoman dengan cara-cara yang baik dan juga sesuai dengan Syariat Islam

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *