Mengkaji Pendidikan Anak Dalam Surat Luqman

Mengkaji Pendidikan Anak Dalam Surat Luqman

Mengkaji Pendidikan Anak Dalam Surat Luqman Sebagai orang tua pastinya ingin mendidikan anak kita supaya sesuai dengan ajaran islam.  Banyak buku –buku beredar tentang cara mendidik anak sesuai dengan ajaran islam, mengajarkan anak budi pekerti  yang baik dan lain sebagainya.  Seorang muslim tentunya untuk pendidikan anak yang paling utama adalah sesuai dengan sumber yang sangat terpercaya yaitu alquran dan juga Ajaran dari rasulullah Shallallahu alaihi wasallam. Konsep pendidikan islam  banyak yang mengikuti nya karena sudah terbukti hasilnya akan sesuai dengan apa yang kita inginkan dari anak kita. Dibanding dengan konsep pendidikan di zaman yang modern sekarang ini.

Pendidikan kepada anak bukan hanya belajar dalam pelajaran umum seperti matematika, sejarah, biologi dan yang lainnya. Tetapi  pendidikan yang paling wajib dimiliki oleh seorang anak adalah pendidikan Adab ,akhlak yang islami yang dimana pendidikan ini lebih penting yang bisa mengantarkan pada penyebaran suatu kebaikan ke seluruh sisi dan sendi kehidupan. Di dalam alquran firman allah subhanahu wata’ala  di surat Luqman pada ayat 12 sampai dengan ayat 19. Terdapat petuah-petuah konsep pengajaran yang begitu penting  untuk kita ketahui, dan kita bisa baca, pelajari dan kita dalami, dan setelah itu bisa kita terapkan terhadap anak-anak kita di zaman generasi  Z saat ini.

Berikut kita mengkaji firman Allah ta’ala dalam Al Quran  ayat 12 sampai 19

Allah Memberikan Anugerah berupa hikmah kepada luqman.

Allah ta’ala Berfirman,

“Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmah kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”. (QS. Luqman: 12)

Luqman memberikan Nasehat Yang begitu berharga kepada anaknya , nasehat tersebut terdapat di dalam surat luqman berikut ini:

“ Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar” “  (Luqman: 13).

Nasehat Luqman yang berikutnya:

“ Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepadaKulah kembalimu ” (Luqman: 14).

“Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya didunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepadaKulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan” (Luqman: 15).

“(Luqman berkata): “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui” (Luqman: 16).

“Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang agung” (Luqman: 17).

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombon dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri ” (Luqman :18)

“Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.” (Luqman: 19).

Konsep pendidikan anak di dalam surat luqman merupakan konsep yang paling cocok untuk seluruh umat manusia , karena nasehat tersebut bukan karena itu dari luqman tetapi itu sudah kita pastikan dari allah Subhanahu wataála . karena nasehat beliau di abadikan di dalam alquran .

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *