Nabi Muhammad Melaknat Orang Yang Menyiksa Binatang

Nabi Muhammad Melaknat Orang yang Menyiksa Binatang, Islam adalah agama yang senantiasa menganjurkan kepada seluruh umatnya untuk selalu mengasihi antar sesama makhluk hidup dan termasuk dalam menyayangi binatang. Ada sejumlah hadis yang menyatakan bahwa kita dilarang untuk menyakiti dan menyiksa binatang dan bahkan salah satunya Rasulullah SAW melaknat orang yang menyakiti binatang.

Larangan Menyiksa Binatang

Ada sejumlah narasumber yang menguatkan bahwa menyiksa binatang adalah suatu hal yang dilarang dan tidak diperbolehkan yang salah satunya sebagai berikut.

Nabi Muhammad Melaknat Orang yang Menyiksa Binatang

Rasulullah SAW bersabda, “Tidakkah sampai berita kepada kalian bahwa aku melaknat orang yang memberi tanda (yang menyakitkan) pada wajah binatang ternak atau memukul binatang ternak itu pada wajahnya?! (H.R Abu Dawud, dinyatakan shahih sesuai syarat Muslim oleh Syaikh al-Albaniy)

Mengasah Pisau Didepan Biantang yang akan DIsembelih

Dalam mengasah pisau pun, jangan sampai dilakukan di depan binatang yang akan disembelih. “Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memerintahkan untuk mengasah pisau tanpa memperlihatkannya kepada hewan.” (HR Ahmad, Ibnu Majah).

Makhluk Bernyawa Sebagai Sasaran

Dari Ibnu Umar RA, dia pernah melewati beberapa pemuda Quraisy yang memancangkan seekor burung lalu memanahnya. Sebagai imbalan, semua anak panah yang tidak mencapai sasaran menjadi hak pemilik burung tersebut. Ketika melihat hal itu Ibnu Umar datang dan mereka pun bubar. Ibnu Umar berkata, “Siapa yang melakukan ini? Allah melaknat orang yang menjadikan makhluk bernyawa sebagai sasaran.” (HR Muttafaq ‘Alaih).

Hadits lainnya menyebutkan maksud yang sama bahwa menyiksa binatang dilarang oleh Islam.

وَعَنِ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; أَنَّ اَلنَّبِيَّصلى الله عليه وسلمقَالَ: –لَا تَتَّخِذُوا شَيْئاً فِيهِ اَلرُّوحُ غَرَضًا

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah jadikan hewan yang bernyawa itu sebagai sasaran (tembak atau panah).” (HR. Muslim, no. 1957).

وَعَنْ جَابِرِ بنِ عَبْدِ اَللَّهِ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: – نَهَى رَسُولُ اَللَّهِصلى الله عليه وسلمأَنْ يُقْتَلَ شَيْءٌ مِنَ اَلدَّوَابِّ صَبْرًا

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang pembunuhan binatang dengan diikat lantas dipanah.” (HR. Muslim no. 1959).

Kalau menyiksa binatang seperti ini saja tidak boleh apalagi menyiksa manusia yang lebih berakal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *