Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Anak

Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Anak

Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Anak, Setiap orang tua pastinya ingin jika anak mereka tumbuh sehat dengan berat badan serta tinggi tubuh yang ideal.

Oleh karena itu, sudah semestinya para orang tua untuk selalu memantau tahap pertumbuhan anak. Dalam proses pertumbuhan, anak anak yang sedang berada dalam masa tumbuh kembang, dapat dilihat dari perubahan fisik mereka yaitu tinggi badan dan lingkar kepala. 

Salah Satu cara yang dapat dilakukan untuk mendukung anak agar tumbuh secara optimal, adalah dengan cara memberikan nutrisi yang cukup pada anak anak yang sedang berada pada usia tumbuh kembang. 

Harus Bergizi Seimbang

Bagi anak anak, dewasa ataupun usia lanjut, sudah seharusnya mengkonsumsi makanan makanan dengan gizi yang seimbang. Gizi yang seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Untuk memperoleh gizi seimbang ini, anak anak membutuhkan asupan berbagai kelompok makanan yang bervariasi. Apa saja makanan yang bervariasi yang dimaksud tersebut.? Makanan yang bervariasi diartikan dengan makanan yang mengandung berbagai nutrisi seperti protein, lemak, serat, karbohidrat, vitamin, dan berbagai mineral penting. 

Adapun beberapa manfaat dari nutrisi untuk proses pertumbuhan anak yang diantaranya seperti

  1. Keistimewaan Kalsium

Kalsium adalah salah satu nutrisi yang tidak boleh untuk dilupakan. Agar anak anak dapat tumbuh secara optimal, sebaiknya asupan kalsium sehari hari terpenuhi. Kalsium berfungsi sebagai nutrisi yang mendukung proses pertumbuhan tulang dan gigi secara optimal, sehingga anak anak yang memperoleh kalsium yang cukup, umumnya memiliki tinggi tubuh yang lebih optimal.

  1. Berbagai Macam Vitamin

Untuk menyempurnakan gizi yang seimbang, para orang tua tidak boleh melupakan vitamin untuk dikonsumsi. Vitamin dapat diperoleh dari beraneka ragam sayur dan buah. Ada berbagai macam jenis vitamin yang sebaiknya diperoleh oleh anak seperti Vitamin A, B, C, D, dan E, namun jika anda ingin anak tumbuh dengan badan yang tinggi sebaiknya anda mencukupi vitamin D, sebab vitamin D berfungsi sebagai penyerap kalsium agar lebih optimal. Vitamin D dapat diperoleh dari susu dan produk olahannya ikan, bayam, kacang kedelai, hingga telur. 

  1. Zat Besi

Zat besi tidak hanya menyangkut anemia saja, melainkan juga dapat berfungsi untuk proses pertumbuhan anak. Zat besi dibutuhkan oleh sel darah merah untuk mengangkut oksigen menuju ke organ organ penting di dalam tubuh dan termasuk dengan otak.

  1. Manfaat Protein

Protein juga sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam membentuk sel dan jaringan di dalam tubuh, serta sebagai sumber penghasil hormon. Tidak hanya itu saja, protein juga bisa memperkuat tulang dan otot, dan membantu memecah makanan menjadi energi. 

Protein sendiri dapat diperoleh dengan mengkonsumsi telur, daging sapi, ikan, berbagai makanan laut, kacang-kacangan, hingga biji-bijian. 

  1. Sempurnakan dengan Susu

Untuk menyempurnakan asupan nutrisi yang diperoleh sehari hari, anda bisa memberikan susu sebagai minuman pelengkap kepada anak anak. Kandungan nutrisi yang berada di dalam susu akan membantu proses pertumbuhan yang optimal. Dalam susu terkandung berbagai macam nutrisi penting seperti protein, magnesium, zinc, lemak, dan berbagai mineral penting lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *