Panjatkan 5 Doa Penghapus Dosa

Panjatkan 5 Doa Penghapus Dosa

Seorang  hamba tentunya pasti pernah melakukan dosa, bahkan  dosa besar. Tetapi bisa saja orang tersebut sudah terjerumus ke dalam kelamnya zina, membunuh orang lain tanpa jalan yang benar, pernah  minum arak (khomr), atau sering sekali  meninggalkan shalat lima waktu  yang padahal meninggalkan satu kali saja shalat   sudah termasuk dosa besar  berdasarkan kesepakatan para ulama. Inilah dosa besar yang  dimana mungkin saja di antara kita ini pernah terjerumus di dalamnya. Lalu masihkah terbuka pintu taubat? Tentu saja pintu taubat masih sangat  terbuka, karena ampunan Allah begitu luas.

 Di dalam sebuah hadits yang bisa kita jadikan bahan renungan , Anas bin Malik menceritakan Rasulullah  shallallahu ‘ alaihi wa sallam bersabda.  Allah ta’ala berfirman yang artinya:

 wahai anak adam, sesungguhnya jika engkau menyeru dan mengharap pada-ku , maka pasti aku ampuni dosa-dosamu tanpa aku pedulikan , wahai anak adam seandainya dosamu membumbung tinggi hingga kelangit, tentu akan aku ampuni , tanpa aku pedulikan , wahai anak adam , seandainya engkau mendatangiku  dengan dosa sepenuh bumi dalam keadaan tidak berbuat syirik sedikit pun padaku tentu aku akan mendatangiMu dengan ampunan sepenuh bumi pula. “  ( HR. Tirmidzi no 3540. Abu Isa mengatakan bahwa hadist ini ghorib . Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih) .

Berikut 5 doa atau dzikir   Penghapus dosa  :

  1.     Istighfar

Istighfar memiliki arti Ucapan: yaitu  “ Astaghfirullah”  yang  artinya   “ Aku Memohon ampun kepada allah. “

Rasulullah Shallallahu ‘ alaihi wa sallam bersabda: Yang artinya

  1.     Tahlil

Tahlil memiliki arti yang sama dengan istighfar  artinya  Ucapan,  tetapi pengucapan tahlil berbeda dengan istighfar . pengucapan tahlil yaitu “ Lailahaillallah”  Yang artinya “ Tiada  Tuhan selain Allah “

 Nabi  Shallallahu alaihi wa sallam  bersabda di dalam riwayat dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘ anhu  yang artinya:

“Barangsiapa mengucapkan ‘La ilaha illallahu wahdahu la syarikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir‘ seratus kali akan memperoleh ganjaran sebagaimana membebaskan sepuluh budak, dan seratus kebaikan akan dicatatkan atasnya, dan seratus dosa akan dihapuskan dari catatan amalnya, dan ucapan tadi akan menjadi perisai baginya dari Syaitan pada hari itu hingga malam hari, dan tak ada seorangpun yang bisa mengalahkan amal kebaikannya kecuali orang yang melakukan amal yang lebih baik darinya.” (HR. Bukhari)

  1.     Tasbih

Ucapan Tasbih : “ Subhanallah”  Rasulullah shallallahu ‘ alaihi wa sallam bersabda yang artinya

“Barang siapa membaca ‘subhanallahi wabihamdihi’ (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya) seratus kali dalam sehari, maka dosanya akan dihapus, meskipun sebanyak buih lautan.” (HR. Muslim).

  1.     Dzikir setelah sholat

Setiap selesai sholat fardhu  ada dzikir yang dimana dzikir tersebut bisa menghapus dosa sebanyak buih di lautan. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Yang artinya

“Barangsiapa mengucapkan tasbih (mengucapkan ‘subhanallah’) di setiap akhir shalat sebanyak 33 kali, mengucapkan hamdalah (mengucapan ‘alhamdulillah’) sebanyak 33 kali, bertakbir (mengucapkan ‘Allahu Akbar’) sebanyak 33 kali lalu sebagai penyempurna (bilangan) seratus ia mengucapkan ‘la ilaha illallahu wahdahu la syarikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir (tiada Tuhan yang berhak disembah dengan haq selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala puji dan bagi-Nya kerajaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu)’, maka akan diampuni dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim)

  1.     Dzikir Disaat Mau tidur

Rasulullah  shallallahu ‘ alaihi wa sallam bersabda , dari abu hurairah radhiyallahu ‘ anhu  yang artinya:

“Apabila seorang dari kalian menuju kamarnya, dan mengucapkan ‘la ilaha illallah wahdahu la syarikalah lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qodir’, subhanallah, walhamdulillah, wa la ilaha illallah wallahu akbar’, maka Allah ampuni dosa-dosanya meski sebanyak buih lautan di dunia ini.” (HR. Ibnu Hibban, Ibnus Sunni dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah, dishahihkan al-Albani dalam Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah no. 3414)

Perlu kita ketahui juga doa –doa yang disebutkan diatas  merupakan amalan untuk menghapus  Dosa –dosa kecil . untuk seseorang yang melakukan Dosa besar terus menerus, Wajib hukumnya bertaubat Nasuha dan mengikuti syarat-syarat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *