Pengertian Makanan Sehat dan Bergizi Serta Contohnya

Pengertian Makanan Sehat dan Bergizi Serta Contohnya

Pengertian Makanan Sehat dan Bergizi Serta Contohnya

Gaya hidup modern masa kini merubah pola makan banyak orang. Seperti yang terlihat bahwa saat ini sebagian besar orang lebih menyukai makanan cepat saji, karena dinilai lebih praktis saat dimasak dan dikonsumsi, yang padahal tidak semua makanan cepat saji memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh sebab beberapa jenis makanan siap saji mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi serta tambahan bahan makanan seperti pengenyal, pewarna, dan pengawet yang berbahaya bila dikonsumsi secara berlebihan.

Bahan bahan yang terkandung dalam makanan cepat saji, umumnya merupakan bahan bahan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan sebab akan memberikan dampak dan perubahan terhadap kesehatan tubuh.

Pengertian Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan sehat dan bergizi, adalah makanan yang mengandung nilai gizi yang seimbnag, dan diperlukan oleh organ di dalam tubuh untuk menjalankan peran masing masing. Adapun beberapa jenis gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, karbohidrat, protein, serat, dan air.

Adapun kriteria makanan sehat yang harus diketahui untuk memperoleh asupan gizi yang seimbang dan berikut beberapa diantaranya.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama manusia. Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dapat membantu tubuh tetap sehat dan bugar. Untuk mendapatkan karbohidrat yang cukup, anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti beras merah, gandum, jagung, ubi, maupun kentang.

  1. Protein

Di dalam tubuh manusia, protein berperan sebagai asam amino, yang berfungsi untuk membangun otot, organ tubuh, kulit, dan rambut. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan protein, kita dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti telur, kacang almond, daging ayam, ikan, bebek, gandum, dan kacang kedelai.

  1. Lemak

Lemak juga merupakan salah satu sumber energy bagi tubuh manusia, namun dengan jumlah konsumsi yang cukup dan tidak berlebihan agar tidak mengalami obesitas.

Pada dasarnya, lemak terbagi menjadi dua jenis yaitu lemak jenuh yang berasal dari daging, minyak kelapa, dan produk susu, sedangkan untuk lemak tak jenuh yang berasal dari ikan, alpukat, dan kacang-kacangan.

Untuk mendapatkan manfaat yang baik terhadap kesehatan, dianjurkan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang tak jenuh.

  1. Vitamin

vitamin merupakan bagian dari nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan organ masing masing.

Untuk memperoleh asupan vitamin yang cukup, kita dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur. Setiap jenis buah dan sayur mengandung vitamin yang berbeda beda, maka dari itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai macam jenis buah sebagai makanan pendamping atau cemilan sehari hari.

  1. Serat

Serat juga merupakan bagian dari gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam melancarkan sistem pencernaan. Serat dibagi menjadi dua jenis yaitu serat larut dan serat tak larut. Serat larut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi sayuran berdaun, yang sangat bermanfaat untuk membantu proses pencernaan, sementara serat tak larut berfungsi sebagai pencegah masalah pada sistem pencernaan.

Untuk mendapatkan makanan dengan serat yang tinggi, anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan. Contohnya bayam, buncis, kangkung, jeruk, mangga, pisang, dan apel.

  1. Air

Dalam tubuh manusia membutuhkan air dalam membantu menyerap, mencerna, mengeluarkan, dan menyalurkan zat gizi pada tubuh, dan mengatur suhu tubuh.

Dalam dunia kesehatan, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi air 8 gelas setiap harinya atau setara dengan 2 liter air. Selain dari itu, air juga berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas sehari hari, sehingga membantu menghindari terjadinya dehidrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *