Peran Umat Islam Pada Masa Penjajahan

Peran Umat Islam Pada Masa Penjajahan

Negara di Benua Eropa yang pernah menjajah negeri kita indonesia  adalah Belanda. Dia adalah satu-satunya negara yang telah berhasil mewujudkan pemerintahan yang kuat di Indonesia. Oleh karena itu  Belanda juga  berhasil membuat kebijakan-kebijakan politik salah satunya kebijakan terhadap umat Islam.

Di bulan april tahun 1595   bawah komando Cornelis De Houtman empat armada kapal belanda berlayar menuju kepulauan Melayu, dan tiba di  pulau Jawa barat tepatnya  di pelabuhan Banten pada bulan juni 1596. Dr. Muqaddam Khalil M.A mengatakan kalau empat armada belanda tersebut dengan sengaja mendarat di Banten, karena di daerah tersebut diketahui tidak ada pengaruh portugis.

Tujuan belanda  datang ke indonesia  untuk memperluas atau mengembangkan usaha perdagangan, yaitu dengan mencari rempah-Rempah yang nantinya akan dijual kembali di negaranya.dengan keberhasilan orang orang belanda dalam mengembangkan perdagangannya di bawah   komando De Houtman. Membuat orang-orang   Belanda lainnya semakin tertarik untuk mengembangkan dagangannya juga  di Indonesia. Oleh karena itu  pada tahun 1598  angkatan kedua dibawah pimpinan Van Nede Van Heemskerck dan Van Warwijk datang ke Indonesia.

Dalam usaha dari kesultanan indonesia  untuk menutup lautan indonesia dari perluasan wilayah imperialisme portugis yang mengakibatkan banyaknya peperangan  dan membuat lemahnya pertahanan maritim dari kesultanan –kesultanan indonesia .  disaat lemahnya pertahanan maritim kesultanan indonesia.  Maka saat itu juga belanda datang. Dan belanda mengetahui jika pertahanan maritim indonesia lagi lemah . di saat itulah belanda  mengambil kesempatan yang dengan mudahnya menguasai perdagangan di indonesia.  Oleh karena itu di tahun 1599 armada belanda kembali datang ke indonesia yang dipimpin oleh Van der Hagen dan pada tahun 1600 dibawah pimpinan Van Neck.

Di abad ke 16 imperialis belanda  mulai berusaha untuk mewujudkan pemerintahan yang kuat di indonesia yang dimana bisa melindungi Transportasi dan perdagangannya. Langkah belanda tersebut di gagalkan oleh umat islam melalui kesultanan –kesultanannya dan juga perlawanannya berhasil  membuat  belanda menunda keinginannya tersebut sampai dua abad kemudian.

Pada masa Sultan agung  saat itu kesultanan indonesia  secara berturut turut melakukan penyerangan ke batavia. Karena  sultan Agung tirtayasa begitu membenci belanda.dan sifat tersebut merupakan suatu perlawanan islam yang bisa menunda keinginan belanda .

Belanda memilih untuk bersikap tidak ikut campur di dalam urusan islam. Sebab belanda beranggapan kalau umat islam yang berada di nusantara mempunyai hubungan dengan kekhalifahan Turki usmani,  sama seperti halnya agama katolik yang memiliki hubungan dengan paus di roma dan belanda takut jika mengusik ketenangan  umat  islam yang ada di nusantara  , belanda akan mendapat ancaman dari khalifah turki.

dengan begitu banyaknya perlawanan – perlawanan rakyat Nusantara kepada pemerintah belanda  yang berefek ketakutan terhadap kekuatan islam semakin besar. Dan  pemerintahan belanda berpikir keras untuk mencari jalan keluar untuk menguasai wilayah nusantara . maka di hampir seluruh  pendidikan di negeri belanda dilakukan  kajian dalam mempelajari islam.

Belanda yang memiliki kekuatan militer  yang  dimana senjata canggih bisa menggagalkan perlawanan umat islam  yang membuat belanda berhasil  dalam mewujudkan pemerintahan yang utuh yaitu setelah dibubarkannya VOC di tahun 1798 ,   yang di kemudian dikenal dengan pemerintahan Hindia Belanda . dengan keberhasilan tersebut belanda memiliki kekuasaan dalam menentukan kebijakan  politik di indonesia. Di dalam kebijakan terhadap umat islam tokoh yang sangat berperan dalam menentukan kebijakan tersebut adalah Snouck Hurgronje.

kolonial Belanda “Snouck Hurgronje” yang telah mengetahui secara lebih dalam tentang Islam, beliau  diangkat menjadi penasehat untuk masalah-masalah Arab-Pribumi. Pemahaman Snouck Hurgronje tentang hakikat Islam di Indonesia sangat membantu terhadap keberhasilan Hindia Belanda untuk mengarahkan kebijakan politiknya terhadap Islam.

Demikian peran Umat islam Pada masa penjajahan , semoga bisa menambah  pengetahuan tentang sejarah islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *