Peringatan Menohok Bagi Suami Yang Suka Membahas Wanita Lain

Peringatan Menohok Bagi Suami Yang Suka Membahas Wanita Lain

Setelah menikah seorang suami harus sudah mengetahui kewajiban  terhadap istrinya, yaitu mempergauli  seorang istri secara ma’ruf , memberikan nafkah , lahir dan batin, mendidik istri dan menjaga kehormatan istri dan keluarga. “

Untuk seorang istri juga memiliki kewajiban yang harus dilakukan kepada suaminya yaitu selalu taat kepada suami, menjaga amanat sebagai istri/ibu dari anak –anak rabbatu al-bayt  atau manajer rumah tangga yang baik, menjaga kehormatan dan juga harta suami dan meminta izin kepada suami ketika hendak bepergian dan puasa sunnah.

Seorang suami pastinya tidak akan bisa lepas dari godaan dari wanita lain. Karena seorang wanita adalah  fitnah terbesar bagi laki-laki (suami) seperti  hadist nabi Shallallahu ‘alaihi  wa sallam yang diriwayatkan dari Usamah bin zaid. Beliau bersabda. Yang artinya:

“Aku tidak meninggalkan satu godaan pun yang lebih membahayakan para lelaki selain fitnah wanita.’  ( HR. Bukhari no 5096 dan Muslim No 2740).

 Imam nawawi berkata  yang dimaksud godaan wanita ini bisa jadi didalamnya adalah istri. ( Lihat syarh Shahih Muslim, 17:500 , karena ada diantara para istri yang membuat suaminya malah jauh dari allah.

Hadist dari ibnu Hajar mengatakan bahwa wanita adalah godaan terbesar bagi para pria dibandingkan yang lainnya ( fathul Bari 9:138)  dikuatkan juga dalam firman Allah Ta’ala yang artinya:

“ Dijadikan indah pada  (pandangan) Manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini Yaitu Wanita-wanita. “ ( QS Ali Imran :14)

Seorang suami perlu juga menjaga lisannya disaat lagi berdua bersama istrinya , janganlah pernah membahas wanita lain di saat lagi ngobrol   bersama istri. Karena seorang istri (wanita ) pada umumnya dya ingin selalu di nomor satukan bukan di nomor duakan. Jadi jika disaat nanti seorang suami membahas wanita lain yang dimana pembahasan itu tentang memuji wanita lain . maka secara otomatis  istri kita akan merasa cemburu. Walaupun di dalam raut wajahnya atau ucapannya seorang istri bilang tidak cemburu, dan jika di tanya apakah kamu cemburu???  Jawaban si istri pada umumnya akan menjawab  “tidak” jawaban yang singkat dan padat ini adalah salah satu tanda kalau istri kita cemburu.

Perlunya menjaga sikap kepada istri .  sering- sering lah memuji istri , karena itu salah satu sunnah rasulullah shallallahu alaihi wasallam, Aisyah mengatakan di saat  ia sedang di tengah duduk merajut sementara nabi shallallahu alaihi wa sallam mulai berkeringat dan keringatnya memunculkan cahaya. Aisyah yang tercengang saat itu kemudian mengungkapkan syair abu Kabir al- Hudzli kepada nabi shallallahu alaihi wasallam . Rasulullah kemudian berdiri dan mencium antara dua matanya dan berkata, “ Jazakillah Aisyah Khairan  ( semoga allah membalas kebaikan bagimu). Kebahagianmu atasku sungguh seperti kebahagiaanku atasmu. “( HR.al-Muzni)

Berikut hadist rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang diperuntukkan untuk suami

Yang pertama  Hadist riwayat muslim dari jalus Abu hurairah Radhiyallahu anha. Rasulullah bersabda yang artinya:

Pria Mukmin tidak boleh membenci perempuan mukmin. Bila dia membenci suatu  perilaku pada perempuan tersebut , maka dia tentu menyukai perilaku yang lain yang ada dalam diri perempuan itu. “ ( HR. Imam muslim).

Yang Kedua   rasulullah shallallahu alaihi wa sallam  bersabda :

“Sebaik-baik orang beriman adalah yang terbaik dalam akhlak . dan sebaik-baik dari kalian adalah orang-orang terpilih (secara Akhlak ) Kepada Para wanita. “  Hadits ini diriwayatkan al-Suyuthi dalam Al-janmi’ Al-Shaghir dari Abu Hurairah.

Yang Ketiga  di dalam hadits dari abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengingatkan kepada pria yang memiliki dua istri tetapi punya kecenderungan  kepada salah satu diantaranya. Pria  tersebut akan datang pada hari kebangkitan dengan keadaan miring.

Di dalam hadits tersebut, disampaikan bahwa nabi shallallahu alaihi wa sallam meminta kepada kaum lelaki atau suami untuk berbuat adil kepada istri-istrinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *