Raih Pahala Tak Terkira “Hanya” dengan Sedekah Makanan

Raih Pahala Tak Terkira “Hanya” dengan Sedekah Makanan

Raih Pahala Tak Terkira “Hanya” dengan Sedekah Makanan

Sedekah makanan adalah salah satu tindakan yang dianjurkan di dalam ajaran Islam. Memberi sedekah makanan juga merupakan bagian dari menyempurnakan iman.

Allah berfirman, “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Maka itulah orang yang menghardik anak yatim. dan tidak mendorong memberi makan orang miskin.” (QS Al Ma’un: 1-3)

Karena itu, mengenyangkan orang lain merupakan amal yang sangat dianjurkan Islam. Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Tidak (sempurna) iman orang yang kenyang perutnya sedang tetangga sebelahnya kelaparan.” (HR Baihaqi)

Adapun manfaat dan keutamaan yang akan didapatkan jika memberikan sedekah makanan yang diantaranya seperti

  1. Menghapus Dosa

Memberi makan orang yang kelaparan termasuk amalan yang dapat menghapus dosa-dosa, mengundang turunnya rahmat, dan menyebabkan diterimanya tobat.

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR At Tirmidzi)

  1. Mendapat Naungan Allah di Hari Akhir

Dalam satu riwayat, Allah naungi selalu di bawa ArsyNya. “Tiga perkara siapa pun yang ada padanya, kelak akan dinaungi oleh Allah di bawah ArsyNya pada hari tidak ada naungan kecuali naunganNya. Yaitu, berwudhu pada waktu cuaca dingin, mendatangi masjid meskipun gelap, dan memberi makan orang yang kelaparan.” (HR Abu Muslim al Ashbahani)

  1. Mendapat Ganjaran Terbaik di Surga

Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya di surga terdapat sejumlah kamar yang bagian luarnya terlihat dari bagian dalamnya dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya. Lalu seorang Arab Badui berdiri lalu bertanya, “Ya Rasulullah untuk siapa kamar-kamar itu?” Nabi SAW menjawab, “…untuk orang yang memberi makan …” (HR Tirmidzi)

  1. Diberi Gerbang Masuk Khusus bagi Orang yang Gemar Sedekah Makanan

 “Barangsiapa yang memberi makan kepada seorang mukmin hingga membuatnya kenyang dari rasa lapar, maka Allah akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki oleh orang lain.” (HR Thabrani)

 “Siapa pun mukmin memberi makan mukmin yang kelaparan, pada hari Kiamat nanti Allah akan memberinya makanan dari buah-buahan surga…” (HR Tirmizi)

Mari sebagai umat muslim kita sama sama membantu saudara kita di luar sana dengan bersedekah. Seberapapun keikhlasan dari anda pastinya akan sangat berarti bagi mereka. Raih pahala sebanyak mungkin dengan melakukan sedekah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *