Rasulullah SAW Sebut Orang yang Sering Berbagi Makanan Dijamin Masuk Surga

Rasulullah SAW Sebut Orang yang Sering Berbagi Makanan Dijamin Masuk Surga

Rasulullah SAW Sebut Orang yang Sering Berbagi Makanan Dijamin Masuk Surga, Makan merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup dan termasuk dengan manusia, setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh akan menjadi energi yang akan membuat organ tubuh dapat berfungsi secara optimal. Meskipun makanan merupakan hal yang sangat penting namun ada kalanya beberapa orang tidak dapat memenuhi hal tersebut karena berbagai alasan. Masalah ekonomi adalah hal yang kerap kali menjadi penyebab tidak terpenuhinya makanan pada beberapa kalangan, sehingga Rasulullah SAW selalu mengajarkan umatnya untuk selalu berbagi makanan terhadap kerabat dan tetangga.

Rasulullah SAW Sebut Orang yang Sering Berbagi Makanan Dijamin Masuk Surga

Sebagai umat muslim, disunnahkan untuk berbagi makanan kepada orang orang sekitar seperti kerabat dan tetangga. Rasulullah SAW bahkan kerap mencontohkan untuk berbagi makanan dengan kerabat dan tetangga meskipun jumlahnya tak banyak.

Sabda Rasulullah SAW

Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah beriman kepadaku orang yang kenyang semalaman sedangkan tetangganya kelaparan di sampingnya, padahal ia mengetahuinya.” (HR At-Thabrani).

Berbagi makanan kepada tetangga atau kerabat tidaklah harus memiliki banyak makanan. Dalam jumlah makanan yang sedikitpun tidak akan menjadi masalah. Seorang muslim akan berdosa apabila perutnya kenyang namun orang disekitarnya merasa kelaparan.

Dari Abu Dzarr radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda, “Wahai Abu Dzarr, jika engkau memasak masakan berkuah, maka perbanyaklah kuahnya dan perhatikanlah tetanggamu.” (HR Muslim)

Anjuran saling memberi makanan kepada tetangga tak hanya memiliki makna untuk memberi saja. Lebih dari itu, Rasulullah menyuruh umatnya untuk terus dan saling memperhatikan kondisi tetangganya. Dalam hal ini bukan berarti akan ikut campur dengan kehidupan rumah tangga tetangganya, melainkan hanya untuk memastikan bahwa tetangga terdekat memiliki cukup makanan untuk dikonsumsinya. Tidak harus makanan utama yang dibagikan, namun camilan, buah atau sayur juga bisa menjadi makanan yang dapat dibagikan kepada tetangga.

Dalam sebuah hadits disebutkan, orang yang memberi makanan kepada mereka yang kelaparan termasuk ke dalam golongan orang yang paling mulia. “Sesungguhnya orang terbaik di antara kalian adalah orang yang memberi makan.” (HR. Thabrani). Seorang laki-laki pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, “Perbuatan apa yang terbaik di dalam Islam?” Rasulullah SAW menjawab, “Kamu memberi makan kepada orang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Saking mulianya orang yang berbagi makanan, Allah SWT bahkan menjamin, di akhirat kelak Allah SWT akan menyiapkan ruangan khusus di dalam surga.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya di surga terdapat sejumlah kamar yang bagian luarnya terlihat dari bagian dalamnya dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya. Lalu seorang Arab Badui berdiri lalu bertanya, “Ya Rasulullah untuk siapa kamar-kamar itu?” Nabi SAW menjawab, “…untuk orang yang memberi makan …” (HR. Tirmidzi).

Tak hanya itu, Allah SWT juga akan memberikan pintu khusus yang hanya bisa dimasuki oleh mereka yang selama hidupnya di dunia gemar memberi makan orang lain yang kelaparan.

“Barangsiapa yang memberi makan kepada seorang mukmin hingga membuatnya kenyang dari rasa lapar, maka Allah akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki oleh orang lain.” (HR. Thabrani).

Pahala Berbagi Makanan 

Nabi bersabda, “Sesungguhnya orang terbaik diantara kalian adalah orang yg memberi makan”. (HR. Ibnu Sa’ad, Al-Hakim, Ath-Thabrani)

Diriwayatkan, bahwa seorang laki-laki bertanya kepada Raslulullah, “Perbuatan apa yg terbaik di dalam agama Islam? Maka Rasul menjawab, Yaitu kamu memberi makan kepada orang lain, dan kamu mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal.” (HR. Bukhari: 12 dan Muslim: 39)

Nabi bersabda, “Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.” Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata, “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi menjawab, “Untuk orang yg berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.” (HR. Tirmidzi: 1984)

Nabi bersabda, “Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berikan makan, sambunglah silaturrahim, shalatlah di waktu malam ketika orang-orang tertidur, niscaya kalian akan masuk Surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi, ad-Darimi, Ibnu Majah, al-Hakim, Ahmad dan Ibnu Abi Syaibah)

Dalam rangka memperingati hari kesehatan, kami mengajak anda untuk berdonasi untuk memenuhi kebutuhan kesehatan orang orang yang membutuhkannya seperti fakir, yatim, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *