Tips Mengatur Keuangan saat Bulan Ramadhan

Tips Mengatur Keuangan saat Bulan Ramadhan

Tips Mengatur Keuangan saat Bulan Ramadhan, Bulan suci ramadhan tahun ini datang dengan nuansa yang masih sama dengan tahun lalu yang dimana ramadhan tahun ini kita masih berada dimana covid 19 masih tengah merambah di berbagai belahan dunia.

Yang menjadi dampak dari adanya covid 19 ini tidak hanya berpengaruh pada kesehatan saja melainkan juga berdampak pada sektor perekonomian masyarakat.

Para pekerja banyak di PHK, dirumahkan, dan dikurangi gaji bulanannya di masa pandemi ini. Padahal biasanya di bulan ramadhan justru pengeluaran kita akan bertambah banyak. Mulai dari membeli takjil hingga membeli perlengkapan untuk lebaran dan sebagainya.  

Mengatur Keuangan Saat Bulan Suci Ramadhan

Agar sektor perekonomian anda selama bulan suci ramadhan tidak menjadi masalah, berikut ini kami punya beberapa tips mengatur kekuangans aan bulan suci ramadhan.

1. Menyusun anggaran keuangan

Jika biasanya anda mendapatkan THR saat menjelang hari raya yang biasanya digunakan untuk membeli berbagai keperluan, mungkin tahun ini akan berbeda dari sebelumnya. Beberapa dari kalangan mungkin tidak akan mendapatkan THR, maka dari itu sangat dianjurkan untuk menyusun anggaran dengan baik dan tepat. 

Berikan budget khusus pada hal-hal yang dianggap sangat penting, dan jika ada hal yang dapat dikurangi dalam pengeluaran maka kurangi hal tersebut agar lebaran kali ini tidak membuat pengeluaran anda menjadi membengkak.

2. Masak untuk berbuka puasa

Jika biasanya anda membeli makanan di luar untuk berbuka maka puasa kali ini sebaiknya anda mengurangi hal tersebut. selain dapat mengurangi jumlah pengeluaran yang terlalu banyak, menghindari makanan luar juga dapat membantu anda terhindar dari penularan virus covid 19.

3. Utamakan kebutuhan

Kita sebagai manusia pasti memiliki cukup banyak keinginan dan terutama saat menjelang hari raya yang biasanya sebagian banyak orang akan membeli berbagai macam jenis kue dan cemilan yang disuguhkan untuk para keluarga, kerabat atau orang lain yang berkunjung saat hari raya.

Namun anda wajib menyadari bahwa mungkin lebaran kali ini akan berbeda dnegan lebaran lebaran pada biasanya yang dimana tradisi kunjung mengunjung saat lebaran akan berkurang, sehingga anda tidak perlu membeli makanan atau cemilan secara berlebihan.

4. Komitmen 

Semua perencanaan yang anda buat semuanya akan percuma jika tidak komitmen. Sebab komitmen yang kuat dalam menghemat anggaran sangatlah penting agar apa yang anda rencanakan dapat berjalan seperti apa yang anda inginkan. Karenanya jangan pernah lupa untuk memiliki komitmen yang kuat ya agar anda tidak mudah tergoda membeli barang di luar yang kalian anggarkan.

5. Buat Daftar Belanja

Membeli barang kebutuhan saat bulan ramadhan tentu berbeda dengan bulan bulan lainnya. Untuk menghemat anggaran, sebaiknya anda membuat daftar belanja terlebih dahulu sebelum anda akan pergi ke pusat perbelanjaan., cantumkan barang barang yang benar benar dibutuhkan saja. Dan pastikan bahwa anda membeli barang yang berada di dalam catatan dan menghindari membeli barang diluar rencana.

6. Manfaatkan Promos

Saat bulan suci ramadhan biasanya pusat perbelanjaan akan meningkatkan promosinya dengan memberikan diskon atau potongan harga. Maka dari itu anda bisa berbelanja di tempat tempat yang sedang promo atau mengadakan potongan harga.

Nah itulah beberapa tips dalam mengatur keuangan saat bulan ramadhan, dan semoga tips di atas dapat bermanfaat. Meskipun keuangan di bulan ramadhan kali ini membawa kita semua ke masa yang sulit, jangan pernah melupakan untuk bersedekah, sebab sedekah adalah kunci dari derasnya rezeki.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *