Tips Mengelola Keuangan Bersama Pasangan

Tips Mengelola Keuangan Bersama Pasangan

Tips Mengelola Keuangan Bersama Pasangan, Berbagai hal yang akan dilakukan dalam kehidupan rumah tangga harus didasari dengan persetujuan bersama, maka dari situlah berdiskusi terlebih dahulu merupakan hal yang sangat penting dalam mengatur kehidupan rumah tangga yang lebih baik.

Mengelolah sistem keuangan rumah tangga tentu juga harus dilakukan bersama dengan pasangan, baik bagi pasangan rumah tangga baru maupun sebagai pasangan rumah tangga yang sudah lama menjalin kehidupan rumah tangga.

Mengelola Keuangan Bersama Pasangan

Agar mengelola keuangan bersama dengan pasangan menjadi efektif, berikut kami punya beberapa tips untuk anda.

1. Bahas Pengeluaran Sepele

Membahas pengeluaran sepele bukan berarti anda harus merinci semua pengeluaran. Hal ini dapat dilakukan dengan mendiskusikan anggaran mingguan yang ideal dengan pasangan atau berbagi rencana mengenai pemakaian bonus bulanan anda dengan pasangan.

Pembebasan kecil seperti ini akan membuat anda menjadi lebih siap dalam membahas hal yang lebih penting dan vital. Dalam hal ini anda juga dapat memperoleh pendapat dari pasangan anda yang mungkin merupakan pendapat yang lebih baik untuk mendapatkan solusi terbaik dalam mengatur sistem keuangan rumah tangga.

2. Pasang Target Pengeluaran Bersama

Terjalinnya hubungan rumah tangga akan membuat anda memiliki prioritas yang lebih besar. Setelah kepercayaan dalam rumah tangga telah dibangun, pastinya anda harus siap berdiskusi dan bekerja sama untuk pengeluaran yang lebih besar. Memiliki target yang sama biasanya akan membuat anda bersama dengan pasangan mampu bekerja sama dengan baik. 

3. Jujur akan Kekurangan Diri

Untuk meraih target yang telah ditentukan bersama, ada baiknya jika anda bersama dengan pasangan untuk jujur akan kekurangan masing masing sedini mungkin. Termasuk dengan hutang, pinjaman atau hal hal yang akan menyangkut masalah keuangan rumah tangga yang mungkin telah terbentuk sebelum menikah atau melangsungkan kehidupan rumah tangga. 

4. Penghargaan di Tiap Keberhasilan

Ketika anda bersama dengan pasangan berhasil mencapai target pemasukan seperti apa yang diinginkan, maka tidak ada salahnya untuk  merayakannya misalnya seperti berkencan, makan malam di luar dan lain sebagainya. 

5. Fokus pada Target Pemasukan

Selain membicarakan tentang pengeluaran, Anda dan pasangan tentu bisa berbagi mengenai pemasukan yang ada. Anda bisa berbagi tentang peningkatan jumlah uang yang akan ditabung atau bercerita tentang usaha Anda untuk mencapai target gaji tertentu. Ini bisa meringankan tekanan ketika Anda dan pasangan membicarakan pengeluaran, baik individual maupun bersama serta bisa membawa unsur positif dalam hubungan Anda.

6. Tidak Menganut Pembayaran 50-50

Pemasukan, termasuk gaji atau bonus antara Anda dan pasangan umumnya terdapat perbedaan. Sesuaikan jumlah yang perlu ditabung dengan jumlah pemasukan yang dimiliki. Misalnya, apabila pemasukan Anda atau pasangan 25% lebih besar, sebaiknya jumlah yang ditabung juga perlu 25% lebih besar. Aturan ini akan sangat membantu anda untuk menghindari kemungkinan adanya perasaan terbebani lantaran memiliki penghasilan yang sedikit.

7. Tinjau Keuangan Bulanan

Tidak ada salahnya untuk meninjau kembali pengeluaran selama satu bulan. Hal ini akan membantu anda mengetahui kebutuhan apa saja yang menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Sehingga pengeluaran akan suatu hal yang tidak begitu penting dapat lebih dikontrol. Hal ini dapat membantu anda lebih mudah untuk menabung dan membangun masa depan yang lebih baik.

Nah itulah beberapa tips mengelola keuangan bersama dengan pasangan, dan semoga tips dan cara tersebut dapat membantu anda dalam mempersiapkan dan mengelola sistem keuangan dalam rumah tangga menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *