Tips Menyimpan Dan Mengolah Daging Kurban

Tips Menyimpan Dan Mengolah Daging Kurban

Tips menyimpan dan mengolah daging kurban. Umat islam setelah merayakan hari raya idul fitri maka dalam waktu 60 hari atau 2 bulan  kedepannya maka seluruh umat islam akan meraya kan yang namanya hari raya idul adha dan masyarakat juga menyebutkan hari raya qurban dan hari raya haji.

Di dalam merayakan hari raya idul adha , umat islam akan menjalankan dua ibadah , dan ibadah tersebut ada yang bisa mengerjakan ada juga yang tidak bisa , ibadah tersebut adalah  haji ke tanah suci mekkah  bagi yang memiliki uang yang cukup bisa melaksanakan ibadah haji dan bagi yang tidak menjalankannya mereka akan melakukan ibadah qurban yaitu menyembelih  hewan kurban.

Hewan kurban yang disembelih terdapat empat pilihan hewan yang bisa sembelih yaitu, sapi, kambing,unta dan domba. Untuk di negara indonesia masyarakat mayoritas memilih hewan sapi atau kambing, karena hewan tersebutlah yang mudah di dapatkan untuk di beli di jadikan hewan kurban.

Masyarakat kita di hari raya idul adha ini pastinya akan mendapatkan daging kurban yang begitu melimpah, karena dapat dari setiap masjid yang berada di sekitarnya , ada yang berkurban tetangganya  dan lain sebagainya.  Untuk itu kita akan membahas Tips Menyimpan dan mengolah daging kurban .

Pakar produksi  ternak yang bernama Panjono ,PH.D mengatakan  supaya masyarakat yang mendapatkan daging kurban untuk langsung di masak daging tersebut. Kalau saja kelebihan daging kurban maka harus disimpan untuk dimasak keesokan harinya. Maka panjono mengatakan untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

  1.   Jangan Mencuci daging segar

Panjono berkata  kalau daging yang akan disimpan harusnya tidak dicuci . karena, kalau dicuci akan memiliki peluang bagi penyakit-penyakit yang asalnya dari air mentah akan masuk ke dalam daging.

  1.   Menggiling atau memotong kecil-kecil atau sedang daging sesuai dengan apa yang akan kita masak
  2.   Kalian bagi gilingan atau potongan daging sesuai dengan perkiraan kebutuhan kalian saat sekali masak
  3.   Masukan daging giling atau potongan yang sudah dibagi ke dalam kantong platik atau bisa kalian tempati dengan tempat yang tertutup rapat, alangkah baiknya lagi kalau kalian memiliki vakum untuk makanan
  4.   Letakkan ke dalam chiller sebentar saja, setelah itu baru menyimpan ke dalam freezer.

Panjono  memberikan penjelasan kalau daging bisa bertahan lebih lama saat dibekukan dalam freezer. Namun sebelumnya kalian perlu memperhatikan dalam point kelima ini.  Tujuannya untuk menjaga struktur daging supaya menjadi stabil dan lebih empuk.

Disaat terjadi proses pendinginan, daging mengalami proses rigormortis (kejang-kejang). Maka  daging harusnya dimasukkan dahulu ke Chiller (bagian kulkas yang suhunya 2oC – 5 oC) . supaya disaat proses pendinginan bisa merata dan pembekuaannya (daging dimasukkan ke freezer)  juga menjadi mendadak.

“Pembekuan yang mendadak dan tidak merata dapat merusak struktur daging,”  dikatakan tegas oleh panjono.

 

  1.   Sebelum diolah pindahkan daging yang dari freezer ke chiller dahulu.

Ketika akan mengolah daging yang berada di dalam freezer . maka kalian hendaknya memindahkan dahulu daging yang di freezer ke  chiller supaya dalam proses thawing(pencairan) bisa dengan perlahan dan merata , hal ini membuat struktur daging selalu bisa tetap bagus saat digunakan atau diolah.

“jika thawing nya mendadak , biasanya struktur daging rusak dan banyak drip (air beserta isi-isi plasma sel) yang keluar,”

tips  mengolah daging kurban .

Pertama: daging wajib dimasak dengan baik dan matang.  Tujuannya untuk membunuh bibit-bibit  penyakit yang ada pada daging.

Kedua: kalau daging yang kalian ingin olah dengan dipanggang , seperti dijadikan sate dan lain lain.  Kalian perlu membuang bagian bagian yang gosong atau kerak dari tempat pemanggangan .  bagian  kerak yang hitam dari daging panggang itu lebih baik jangan kalian konsumsi. Karena tidak baik bagi kesehatan .

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *