Tips Pola Hidup Sehat Di Bulan Puasa

Tips Pola Hidup Sehat Di Bulan Puasa

Tips pola hidup sehat di bulan puasa Pola hidup sehat memang seharusnya selalu kita jadikan pedoman dalam menjalani kehidupan, agar kita setiap hari sehat, kuat dan bugar. Dan jika kita selalu menjalankan pola hidup sehat dengan konsisten maka nanti di masa akan datang kita akan menikmati hasilnya. Seperti kita tidak pernah mudah capek, disaat kita sudah berumur lanjut.

Apalagi di bulan yang penuh berkah saat ini bulan ramadhan , kita sebagai umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa  sebulan penuh,  dibulan yang penuh berkah ini  merupakan kesempatan untuk memperbaiki ibadah –ibadah yang wajib kita kerjakan.  Maka dari itu perlu nya menjaga pola hidup sehat  selama bulan puasa. Berikut ini  tips –tips nya yang bisa kita praktekan.

  1.   Istirahat Tidur dengan Cukup

Disaat bulan puasa  jangan tidur terlalu malam. Yang biasanya begadang jangnlah dulu begadang , sebab kita perlu untuk bangun lebih pagi dari biasanya untuk melaksanakan sahur. Maka sebaiknya untuk tidur malam ,tidurlah lebih awal.

Dengan istirahat tidur yang cukup kita akan bisa bangun lebih pagi untuk sahur dan tidak bangun kesiangan. Tidur yang cukup juga bisa membuat tubuh kita tidak mudah lelah, mengantuk  dan menjaga konsentrasi saat beraktivitas.

  1.   Selalu menjaga kebutuhan hidrasi pada tubuh cukup.

Walaupun kita sedang berpuasa maka jangan pernah tidak menjaga kebutuhan cairan pada tubuh kita,  cairan pada tubuh kita harus tetap terpenuhi. Aturan minum air putih  minimal 8 gelas per hari nya yang harus tetap kita jalani.  Minum air putih  yang cukup bisa menghindarkan tubuh dari resiko dehidrasi yang bisa membuat kita merasa lemas dan kurang bergairah. Selalu konsumsi air sebelum dan saat menjalankan sahur, setelah buka puasa dan sebelum tidur bisa minum nya masing- masing waktu dua gelas.

  1.   Jangan Lewatkan Sahur

Dalam puasa ramadhan sebenarnya tidaklah begitu berat untuk kita yang tinggal di negara indonesia, dibanding dengan di negara lain yang bisa menjalankan puasa sampai 12 jam lebih. Kita sangat beruntung hanya menjalankan puasa 12 jam saja. Maka dari itu, puasa di indonesia sama saja seperti  perubahan jam makan saja.  Dan biasanya kita sarapan di jam setelah matahari terbit, maka di bulan puasa ini sarapannya sebelum matahari terbit.

Disarankan untuk selalu menjalankan sahur  setiap harinya.  Untuk menu makan sahur yang baik adalah yang dilakukan mendekati fajar. Sebab  bisa membantu pada tubuh kita tetap terhidrasi dan mencegah rasa lapar yang mungkin  akan datang lebih cepat kalau melaksanakan sahur lebih terlalu malam.

  1.   Berbuka jangan berlebihan

Orang yang lagi puasa pastinya waktu yang paling ditunggu adalah waktu berbuka puasa . moment berbuka puasa ini adalah moment yang paling susah untuk mengontrol nafsu makan kita. Yang biasanya dijadikan ajang balas dendam dengan memakan semua makanan yang sudah tersedia diatas meja makan.  Perlu kita ketahui kalau makan berlebihan di dalam satu  waktu sangatlah berbahaya   untuk tubuh kita.

Perut akan menjadi kembung disaat kita berbuka puasa makan terlalu banyak dan efeknya badan akan menjadi lesu . berat badan kita juga bisa cepat bertambah . pencernaan terganggu , jika disaat berbuka menu makanannya banyak yang mengandung  gula dan berlemak tinggi.

Begitulah beberapa tips pola hidup sehat di bulan puasa. Semoga bisa bermanfaat dan bisa dipraktekkan di dalam kehidupan sehari –hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *